Sukses

Pertumbuhan Rambut Bayi

19 Oct 2014, 00:50 WIB
Wanita, 23 tahun.
dok, saya mau tanya. saya punya anak laki2&saat dia umur 3bln saya potong rambutnya sampai 1cm..tp sampai skr umurnya 6bln lbh rambutnya tidak tumbuh2!!! kepalanya juga suka panas, tp badanya tidak&di ukur suhu badanya jg normal!! itu knp ya dok?? saya mnt penjelasannya&solusinya??? trims
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang Terhormat.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pertumbuhan rambut pada bayi memang sulit diprediksi dan bervariasi. Seorang bayi memiliki dua jenis rambut. Rambut pertama merupakan rambut yang tumbuh sejak dalam kandungan dan rambut kedua (rambut permanen) merupakan rambut yang tumbuh menggantikan rontoknya rambut pertama. Rambut pertama biasanya rontok pada bulan-bulan awal. Tumbuhnya rambut permanen sangat bervariasi. Ada bayi yang rambut permanennya tumbuh dalam waktu bersamaan dengan rontoknya rambut pertama sehingga tidak pernah terlihat botak. Sedangkan ada beberapa bayi yang rambut permanennya baru tumbuh setelah usia 1-2 tahun. Hal tersebut merupakan hal yang wajar.

Selain itu, pada usia anak 3-6 bulan terkadang pertumbuhan rambut agak lambat atau tidak merata karena masih sering berbaring. Jika anak sudah mulai belajar duduk maka pertumbuhan rambutnya akan lebih baik. Pertumbuhan rambut juga sangat dipegaruhi oleh faktor genetik dan faktor nutrisi. Jika ayah dan ibu juga termasuk yang berambut tipis dan tidak lebat maka dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut anak. Faktor nutrisi yang cukup juga dapat merangsang pertumbuhan rambut. 

Untuk itu, Ibu tidak perlu terlalu kuatir dengan pertumbuhan rambut si buah hati. Pantau pertumbuhan dan perkembangannya. Jika pertumbuhan dan perkembangannya baik maka anak Ibu dapat tetap sehat selalu.

Demam/panas pada anak biasanya merupakan pertanda terjadinya infeksi pada anak, dan terjadi di seluruh tubuh dan juga dapat dirasakan oleh orang tua maupun dokter di seluruh tubuh. Sering disertai dengan sikap gelisah berlebihan, sulit makan dan gejala lainnya pada anak. Bila tidak ada gejala lain yang menyertai panas pada kepala anak Ibu, Ibu tidak perlu terlalu khawatir. Jika panas pada anak Ibu hanya dapat dirasakan pada kepala dan bagian tertentu tubuh  saja, bisa diperhatikan suhu di ruangan tersebut atau pakaian yang digunakan Anak. Juga dapat diperhatikan bahan-bahan selimut atau pun sprei tempat tidur Anak, apakah bahannya terlalu tebal. Apalagi jika setelah diperiksa dengan termometer, suhu anak Ibu normal.

Jika suhu ruangan sudah optimal dan bahan-bahan pakaian, selimut serta sprei lainnya sudah cukup sejuk dan tidak terlalu tebal dan kepala anak Ibu masih panas, serta timbul gejala-gejala lain dan telapak kaki dan tangan anak Ibu teraba semakin dingin dan anak Ibu terlihat semakin lemas, maka Ibu dapat membawa anak Ibu segera ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan secara lebih terinci.

Untuk informasi lengkap Ibu seputar kesehatan anak, Ibu dapat mengunjungi Rubrik Tumbuh Kembang Anak yang kami miliki.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar