Sukses

Asma

21 Jul 2013, 11:38 WIB
Wanita, 27 tahun.
saya punya background asma. pada usia 5 asma saya sudah tidak muncul kembali tapi pada usia 25 tahun muncul kembali (pindah ke jakarta). asalnya hanya sesek sesekali saja(tidak parah). tapi jika saya kecapean & posisi tidur miring ke kanan paru-paru terasa isi cairan sehingga di coba batuk pun masih tetap ada & napas jalan napas tidak ada masalah(hanya bunyi mengi sedikit) tapi saya kurang nyaman dengan posisi miring ke kiri jika sedang mengalami kondisi tersebut. semalamnya kejadian seperti itu tapi keesokkan harinya pasti suara saya senggau. apakah ini terjadi karena asma saya yang sudah mulai kambuh kembali atau bagaimana? karena semakin sini setelah des 2012 (dirawat karena gastritis+asma) asma saya jadi sering kambuh & kondisi tubuh yang selalu drop tiba-tiba. terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Asma adalah penyakit kronis (berlangsung lama) yang ditandai oleh sesak napas disertai bunyi ngik-ngik (mengi) dan/atau batuk persisten dimana derajat keparahan setiap orang berbeda-beda. Pada kasus Ibu Anda, kami belum dapat menilai tingkat keparahannya karena untuk hal ini diperlukan informasi yang lebih mendalam mengenai frekuensi kambuhnya (berapa kali seminggu, waktu kambuh) dan gejala-gejala apa saja yang timbul saat kambuh.

Penyebab dari asma belum sepenuhnya dimengerti. Namun faktor risiko yang dapat mencetuskan timbulnya asma adalah alergen (zat yang menyebakan alergi), infeksi, cuaca, kegiatan jasmani dan iritan. Asma tidak dapat disembuhkan, namun dapat di kontrol dengan tata laksana yang tepat. Apabila sudah diketahui alergen apa yang merupakan pencetus asma bagi Ibu Anda, maka akan lebih mudah mencegah asma itu terjadi.

Beberapa zat atau bahan yang dapat mencetuskan timbulnya serangan dan kemudian sebaiknya dihindari adalah:

  • Tungau debu rumah dalam kasur, karpet, dan perabotan kotor dan bulu binatang
  • Asap polusi, asap buangan pabrik
  • Asap rokok
  • Refluks gastroesofagus (sering muntah)
  • Udara dingin, emosi yang berlebihan seperti marah atau ketakutan dan olahraga juga dapat mencetuskan serangan asma. Bahkan beberapa obat seperti aspirin dan obat anti inflamasi lainnya juga dapat mencetuskan serangan.

Asma merupakan penyakit yang sebenarnya tidak dapat hilang, atau lama hilang sebab beberapa zat seperti yang disebutkan diatas dapat memicu asma. Sakit gastritis (maag) juga terkadang dapat menyebabkan perasaan sesak terutama bila ditambah dengan asma. Jadi bila memang anda merasa sesak dan terdengar bunyi mengi coba saja memakai obat yang sudah anda miliki (inhailer, nebulizer). Lalu coba ingat-ingat apakah hal-hal yang dapat memicu timbulnya asma anda, dan hindari hal tersebut. Banyak konsumsi sayur, buah dan vitamin. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat (EA)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar