Sukses

Paronychia

22 Jul 2013, 21:07 WIB
Wanita, 31 tahun.
jempol kaki sering cantengan kenapa ya dok?sering kambuh terutama kalo habis pake sepatu yang ujungnya lancip kadang jg krn kemasukan tanah kering,biasanya cpt sembuh tp sekarang nyampe bernanah dan bengkak.sudah pake salep blm sembuh,kmrn hbs priksa ke dokter dikasih obat nyeri jg blm sembuh.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Cantengan atau dalam bahasa medis disebut dengan Paronikia merupakan infeksi pada daerah sekitar kuku akibat dari pertumbuhan kuku yang tidak sempurna  yang menyebabkan kuku menusuk kulit di samping kuku dan menyebabkan luka.

Cantengan disebabkan oleh bakteri atau jamur yang masuk melalui luka di daerah sekitar kuku yang sudah rusak sehingga menyebabkan terjadinya rasa sakit pada daerah kuku, timbul kemerahan dan bengkak di sekitar kuku, dan kuku menjadi berwarna kuning kehijauan dan tidak rata. Warna kuning tersebut dapat menandakan telah terjadinya abses atau nanah akibat infeksi di bawah kuku. Darah yang keluar mungkin saja dapat terjadi akibat adanya perlukaan di daerah tersebut.

Apabila Anda mengalami keluhan seperti yang telah kami deskripsikan di atas, maka kemungkinan keluhan tersebut disebabkan karena paronikia. Saya menyarankan agar Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis bedah umum untuk mendapatkan terapi dan penanganan atas kondisi terkait yang Anda alami.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar