Sukses

Anak Biduran

20 Oct 2014, 01:24 WIB
Pria, 28 tahun.
saya punya anak perempuan,umur sekitar 4 setengah tahun selalu mengalami penyakit biduran,sering terjadinya pada waktu bangun tidur,tidurnya sih sering sore.saya sering kasih obat oles anti gatal2 pada luar kulit,terakhir saya saya kasih obat antibiotiknya sejenis cairan dalam botol,tapi biduran kadang2 kambuh lagi dok.saya mau tanya dok ada kah obatnya supaya bidurannya gak datang lagi.atau itu penyakit lain dok?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Ibu yang kami hormati,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.


 

Keluhan biduran yang dialami dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti infeksi atau biang keringat. Sulit bagi kami untuk menentukan dengan pasti kondisi dari keluhan Anda pada saat ini karena terbatasnya informasi dan keterbatasan kami untuk melakukan pemeriksaan fisik langsung.

 

Apakah bentol-bentol dan gatal  tersebut dalam jumlah banyak? Bagaimana dengan ukurannya? Di mana saja lokasinya? Keluhan kulit akan lebih mudah didiagnosis jika dilihat langsung. Kami sarankan, Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan fisik langsung sehingga dapat memperoleh penanganan yang tepat dan optimal sesuai dengan penyebabnya.

Selain itu, apakah Anda mendapatkan obat antibiotik yang Anda sebutkan tersebut atas resep dokter? Sebaiknya hindari pemakaian obat yang mengandung antibiotik pada anak Anda apabila belum menemui dokter. Obat antibiotik adalah obat yang sebaiknya diresepkan oleh dokter, apalagi pada anak-anak karena pemakaian antibiotik tidak boleh sembarangan.

Perhatikan pula faktor pemicu yang dapat menyebabkan keluhan pada anak Anda muncul, apakah makanan tertentu, minuman, serangga atau bahan tertentu. Hal-hal tertentu yang Anda curigai merupakan penyebab munculnya alergi anak Anda maka sebaiknya dihindari, bila tidak terjadi kambuh, maka anak Anda alergi terhadap hal tersebut dan sebaiknya dihindari untuk mencegah kekambuhan.

Apabila ternyata biang keringat, memakai bedak yang mengandung salicyl dapat bermanfaat mengurangi gejala, selain itu hindari keringat dibiarkan terlalu lama di kulit bayi Anda. Sebaiknya usahakan kulit bayi Anda kering dengan cara memakaikan bedak atau melap keringat dengan lap. Sedangkan jika memang karena alergi, maka dapat diberikan obat anti alergi untuk mengurnagi rasa gatal, misal CTM (chlortrimetron), dengan dosis yang disesuaikan dengan dosis untuk anak-anak. Tentunya sesuai dosis resep yang diberikan oleh dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (SH)


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar