Sukses

Keluhan Berkemih

11 Jul 2013, 19:53 WIB
Pria, 15 tahun.
dok sya mau tanyak lagi??? kadang2 sya berkemih lancar kadang2 cman sdikit??? klo berkemih dengan sdikit dan minum banyak akibat tertahan otot itu gmana dok???
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Frekuensi buang air kecil memang dipengaruhi oleh jumlah asupan air yang dikonsumsi. Semakin banyak mengonsumsi air, maka semakin sering buang air kecil. Selain itu frekuensi buang air kecil dan kaitannya dengan banyak minum juga bergantung pada ukuran kandung kemih dan aktivitas. Jika kantung kemihnya cukup besar maka meskipun minum banyak namun tidak terlalu sering berkemih. Dalam kondisi normal, kandung kemih dapat menampung sekitar 300-600 cc urin. Sedangkan kaitannya dengan aktivitas adalah jika banyak beraktivitas di luar, banyak berkeringat maka meskipun minum banyak namun hanya berkemih sedikit atau jarang. Sedangkan bila tidak banyak berkeringat (terus menerus di ruang AC) dan hanya sedikit aktivitas maka dengan minum banyak maka akan lebih sering atau lebih banyak berkemih.

Untuk pengaruh otot terhadap berkemih, mungkin yang Anda maksudkan adalah suatu kondisi medis yang disebut overactive bladder (OAB) atau kondisi kandung kemih yang terlalu aktif. Penyebab dari overactive bladder ini umumnya dikarenakan spasme atau kontraksi otot dari kandung kemih yang menyebabnya timbulnya keinginan untuk berkemih (urge incontinence) dan biasanya disebabkan karena permasalahan pada saraf dan otot kandung kemih. Otot detrusor sebagai otot utama kandung kemih berkontraksi dan berelaksasi melalui pengaturan sistem saraf. 

OAB disebabkan karena kontraksi otot detrusor untuk merangsang berkemih meskipun jumlah urin di kandung kemih belum terlalu banyak. Penyebab yang paling sering terjadinya OAB adalah :

  • Gangguan saraf tulang belakang
  • Stroke
  • Penyakit parkinson
  • Demensia
  • Neuropati diabetes

Terdapat juga beberapa penyebab OAB yang tidak berkaitan dengan gangguan saraf, seperti :

  • Infeksi saluran kemih
  • Batu kandung kemih
  • Tumor kandung kemih

Terkadang, selain penyebab yang sudah disebutkan di atas, terdapat juga penyebab OAB yang tidak diketahui (idiopathic overactive bladder).

 

OAB ditandai dengan berkemih minimal 3x dalam semalam dan jumlah berkemih mencapai minimal 8x/hari, urinary urgency (keinginan untuk segera berkemih), dan urinary incontinence (tidak dapat menahan berkemih). Bagaimana dengan keluhan Anda?

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar