Sukses

Penanganan Demam Tifoid & DBD

11 Jul 2013, 18:25 WIB
Pria, 28 tahun.
bagaimana caranya agar pasien sembuh dari penyakit tipes dan DBD,mksh
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Penderita demam tifoid dan demam berdarah dengue (DBD) perlu mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan dokter sesuai petunjuk, beristirahat cukup dan juga memperhatikan asupan makanan dan minumannya.

Secara khusus, penderita demam tifoid perlu memperhatikan asupan makanannya dengan seksama agar makanan yang dikonsumsi tidak membebani saluran pencernaan yang sedang mengalami infeksi. Berikut ini panduan makanan bagi penderita demam tifoid:

  • Hindari makanan berserat tinggi dan sedang, susu, produk susu, dan daging berserat kasar, makanan yang terlalu berlemak, terlalu manis, terlalu asam, dan berbumbu tajam
  •  Makanan lebih baik dimasak hingga lunak dan dihidangkan pada suhu yang tidak terlalu panas atau dingin agar tidak merangsang pencenaan
  •  Makanan lebih baik diberikan sering namun dalam porsi kecil
  •  Bila diberikan untuk jangka waktu lama atau dalam keadaan khusus, perlu disertai suplemen vitamin dan mineral, atau makanan formula.

Sedangkan untuk mengatasi demam berdarah dengue maka perlu diperhatikan agar asupan cairan harus cukup, selain dari makan makanan lunak bergizi dan istirahat yang cukup (tirah baring). Penanganan DBD yang sangat perlu diperhatikan adalah asupan cairan yang cukup dari berbagai sumber seperti cairan, jus buah, sup, dan makanan minuman lainnya yang banyak mengandung cairan selain dari air putih.  Jika penderita tidak dapat mengkonsumsi cairan sendiri maka perlu dirawat dan diinfus cairan.

Kami sertakan juga artikel berjudul: "7 Cairan Alami Redam Demam Berdarah", untuk informasi lengkap Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar