Sukses

Imunisasi Campak&Sakit Cacar Air

19 Oct 2014, 11:09 WIB
Pria, 27 tahun.
Selamat pagi Dok DOk anak saya wanita umur 9 Bulan,.rencananya minggu ini mau imunisasi campak,...akan tetapi anak saya sekarang sedang tetular penyakit cacar air dari orang dewasa,... PertanyaaN saya bolehkah imunisasi campak dilakukan pada usia 9 bulan keatas. Seberapa beratnya panyakit cacar air bila terserang anak usia 9 bulan,.. apakah ada efek untuk menggangu pertumbuhan dan perkembangan anak tidak. Terima kasih atas jawabannya
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Salam kami untuk buah hati Anda. 

Dasar pemberian imunisasi campak pada usia 9 bulan adalah karena berdasarkan penelitian, pada saat itulah kekebalan tubuh terhadap campak yang ditransfer dari Ibu telah menghilang, sehingga diperlukan imunisasi agar tubuh anak dapat membentuk kekebalan tubuh sendiri terhadap virus campak. Namun, imunisasi tidak dapat diberikan bila anak sedang sakit. Saat anak sakit maka sistem kekebalan tubuhnya sedang menurun sehingga akan mempengaruhi keberhasilan vaksinasi atau dapat menyebabkan penyakit pada penerima vaksin. Ibu tidak perlu khawatir, segera setelah anak Ibu sehat dan fit kembali, maka vaksinasi campak dapat segera dilakukan. 

Berat tidaknya penyakit cacar air sangat dipengaruhi oleh kekebalan tubuh anak tersebut. Namun, secara umum, penyakit cacar air pada anak-anak seringkali ringan dan tidak sampai menjadi terlalu berat dan tidak mengganggu pertumbuhan anak.

Saat ini, Ibu dapat memberikan perawatan, berupa:

1) Memberikan asupan cairan yang cukup, terutama bila timbul demam

2) Memberikan asupan makanan (MPASI) yang cukup dan bergizi

 

3) Mencegah pecahnya lenting dengan bedak (misal: Bedak Salisil) yang dipakaikan setelah mandi dan tidak menggaruk lenting. 

4) Jaga kebersihan tangan dan gunting kuku bila anak sering menggaruk. Menggaruk dapat menyebabkan infeksi sekunder pada kulit. Anak juga dapat dipakaikan baju lengan panjang dan celana panjang agar kulit terhindar dari garukan anak. Kompres air sejuk dapat mengurangi rasa gatal pada lenting sehingga anak cenderung tidak menggaruk.

5) Mandilah seperti biasa agar kebersihan kulit tetap terjaga. Waspadai agar lenting tidak pecah.

6) Berikan obat-obatan yang diperlukan sesuai dengan petunjuk dokter.


Semoga buah hati Anda cepat sembuh kembali.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar