Sukses

Cerebral Palsy

12 Jul 2013, 12:34 WIB
Pria, 2 tahun.
Yth, Dokter Spesialis anak di KLIKDOKTER. Puji syukur kami telah menemukan web ini untuk kami dapat berkonsultasi mengenai kesehatan anak. Kami punya anak prematur yang waktu operasi sesarnya berumur 6 bulan seminggu. Lahir pada 26 April 2011 di RS Umum Gunugsitoli Nias, yang mana sekarang dia sudah berumur lebih dua tahun. Anak kami sampai sekarang belum bisa berjalan dan belum bisa duduk dan belum bisa berdiri. Sa'at hendak berdiri kedua lutut harus dipersatukan baru bisa kokoh namun tak bisa mengimbangi tubuhnya juga tidak bisa melangkah karena berdirinya dalam keadaan mengejang dengan berdiri di ujung telapak kaki. Belum bisa berbicara namun mulai ,ngoceh wa,wa,wa,wa bba ba ba dll. pendengaran bagus, selera makan tinggi namun tidak bisa diberi makan karena setelah dikasih makan bisa mengakibatkan muntah yang berlebihan. Sampai sekarang kami hanya memberikan susu formula saja. Rawan terserang penyakit seperti flu dan batuk Menurut keterangan sahabat yang kami jumpai mengatakan bahwa anak kami memiliki kekurangan dalam bidang saraf. Pertanyaan kami apakah perkembangannya bisa sama seperti anak lainnya nanti Dok? Apakah ada solusi lain yang bisa kami lakukan agar anak kami bisa terlengkapi saraf motoriknya? Sampai sekarang kami tetap percaya bahwa dia akan bisa seperti anak anak lainnya. Kami mohon dukungan dan bantuan dari para dokter. Terimakasih Salam dari Pulau Nias Yaahowu.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Maaf pak, apakah bapak pernah memeriksakan anak bapak ke Dokter specialis Anak? Apakah pernah mendengar diagnosa Cerebral Palsy? Cerebral palsy merupakan kelainan pada otak yang berpengaruh terhadap gerakan motorik berupa berjalan atau berdiri, dapat juga berpengaruh terhadap bicara. Terkadang disertai dengan kejang, susah belajar, kelainan pada buang air kecil dan buang air besar. 

Sebab untuk mendiagnosa penyakit ini dibutuhkan pemeriksaan tubuh lengkap, maka kami sarankan agar bapak membawa anak bapak ke dokter specialis anak di rumah sakit terdekat. 

Bila benar terdiganosa, maka, beberapa terapi termasuk melatih bicara (coba bapak latih terus agar anak dapat bicara, coba ajak anak bicara terus) dan beberapa tindakan fisioterapi, serta penyangga untuk kaki. 

Coba bapak selalu sabar dan berdoa ke Tuhan. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat (EA)

Salam, 

Tim Redaksi Klik  Dokter. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar