Sukses

Post Nasal Drip

11 Jul 2013, 00:40 WIB
Wanita, 27 tahun.
salam, seberapa normalkah adanya lendir di tenggorokan? sudah beberapa tahun saya merasa lendir ditenggorokan selalu ada terus menerus dan sangat terasa mengganjal, padahal tidak batuk pilek atau demam, jg tidak merokok, kadang terasa sangat kental dan susah dikeluarkan, kadang berwarna kuning. kadang jika menelan ludah terasa bau,,sudah ke dokter tapi belum ada jawaban memuaskan, saya harus periksa ke THT dengan pemeriksaan macam apa ya? terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terimakasih atas pertanyaan Anda.

 Lendir yang Anda rasakan, apakah mengalir di belakang tenggorokan, terasa berasal dari hidung? Mungkin saja Anda mengalami semacam alergi yang dapat menyebabkan post nasal drip (aliran cairan/ingus dari hidung ke tenggorokan/PND). PND biasanya terjadi pada penderita alergi. Ingus dari rongga hidung bagian belakang mengalir ke arah tenggorokan sehingga penderita sering merasakan ada aliran dari arah belakang tenggorokan dan dapat menyebabkan batuk atau rasa napas tidak lega. Makanan yang mengandung produk susu dapat mengentalkan lendir sehingga lebih terasa.

Apakah Anda penderita alergi? Apakah Anda sering mengalami bersin-bersin di pagi hari? Hidung mudah terasa gatal sekali bila terkena debu? Mata sering gatal? Apakah Anda penderita asma? Apakah ada alergi makanan? Semuanya di atas dapat menjadi tanda seseorang memiliki alergi. PND dapat juga disebabkan oleh asam lambung yang naik keatas (lebih sering dikenal dengan penyakit GERD) dan juga infeksi. Bila anda menderita GERD, sering timbul juga gejala panas pada perut, rasa terbakar pada leher dan perut, mual, muntah, kembung, dan nyeri perut.

Sementara itu, beberapa hal yang dapat Anda lakukan antara lain: minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya, minum air hangat yang dicampur dengan madu atau lemon, berkumur-kumur dengan air garam secara teratur, dll.

Pemeriksaan THT yang biasa dilakukan ada mellihat kedalam hidung, rongga sinus serta ke dalam tenggorokan anda dengan sebuah alat. Pengobatan yang dilakukan akan disesuaikan dengan penyabab dari penyakit ibu ini. Bila disebabkan oleh alergi maka akan diberikan obat alergi, pengencer dahak, bila karena GERD akan diobati GERDnya, dan bila ada infeksi maka akan diberikan antibiotik. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan. Semoga bermanfaat.(EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar