Sukses

Psikosomatis

20 Oct 2014, 06:24 WIB
Pria, 36 tahun.
dalam bebarap hari ini saya banyak membaca artikel psikosomatik, sepertinya saya menderita penyakit ini sudah lama sekali, bahkan mungkin sudah lebih 5 tahun. awalnya pada saat saya terken penyakit maagh, pada sekitar tahun 2007-2008. sampai saat ini penyakit ini masih datang, terus berulang-ulang dan semua diagnosa dokter penyakit dalam mengatakan asam lambung(maagh) dan sedikit gangguan paruparu. beberaapa minggu lalu, saya masuk UGD akibat panik tak terhingga saat menjelang malam, saat itu saya habis merokok 1 batang (yang mana padahal saya sudah mau berhenti sejak 1 bukan yang lalu) *sebelumnya saya memberikan info tentang diri saya adalah perokok berat dok, masuk UGD rumah sakit dengan hasil EKG dan Hasil Rontgen dan tekanan darah dengan batas normal juga pemeriksaan darah kolestrol juga masih normal. keluhan saya pada saat itu adalah sesak nafas, jantung berdebar kencang, telapak tangan dan leher seperti tercekik, kaki kesemutan dan perasaan sangat tidak enak, sendawa kecil dan mual (*banyak salah satu keluhan diatas masih terus ada sampai sekarang dok,) memang sebulan lalu saya memeriksakan diri di dokter penyakit dalam, dan diberikan obat maagh seperti tahun tahun sebelumnya (hampir tiap tahun dilanda sejak 2007). berbagai macam obat maagh telah dikonsumsi akan tetapi selalu saja kambuh juga memriksakan darah dan EKG di Lab. Prodia, semuanya normal kecuali kolestrol sedikit batas tinggi (cek up darah saya juga tiap tahun dok,) terus terang dok, perasaan cemas ini datang lagi akibat pengaruh pikiran dimana sughesti seperti, banyknya teman-teman meninggal dunia akibat penyakit jantung tahun ini. dan banyak membaca online mengenai ciri ciri penyakit jantung. setiap hari bila sedikit ada yang sakit di tubuh saya, saya menghubungkannya lagi dengan penyakit jantung, jadi selalu ngeri dan menjadi tidak fokus dalam sehari hari. mungkin memang saya sangat over cemas dok, terakhir ke dokter penyakit dalam lagi kemarin diberi : Prazotec, Librax, dan Proclozam. akan tetapi ini belum cukup, dan bahkan saya mau tau sekali apakah saya betul-betul mengidap psikomatis yang berat dok, terima kasih yang sebesar-besarnya, pabila dapat memberikan konsultasi terhadap saya. sekali lagi terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

 

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Sesuai dengan keluhan yang Anda rasakan, maka dapat dipikirkan kemungkinan Anda mengalami gangguan maag, gangguan jantung, gangguan paru-paru, atau gangguan psikis (psikosomatik). Gangguan psikosomatis merupakan gangguan atau keluhan-keluhan yang dirasakan berhubungan dengan kondisi psikis, misalnya bila seseorang mengalami tekanan mental (stress) maka keluhan-keluhan dapat muncul termasuk rasa sesak, cemas, berdebar-debar, dll. Untuk memastikan diagnosisnya tentu diperlukan pemeriksaan tambahan, misalnya rontgen dada dan EKG (elektrokardiografi). 

Saran kami, Anda berobat ke dokter spesialis Ilmu Penyakit Dalam. Bila perlu, Anda dapat juga berobat ke psikiater bila Anda mengalami kekhawatiran berlebih terhadap penyakit Anda.

 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO).

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar