Sukses

Haid Terganggu Pasca Suntik KB

19 Oct 2014, 19:43 WIB
Wanita, 30 tahun.
yth klikdokter.com manstruasi saya setelah saya tidak lagi memakai kb suntik (1 kali sebulan, selama 3 bulan, bulan des 2009, januari dan febuari 2010) belum juga normal, sebelum memakai kb ini mens saya 6 hari, setelah memakai kb ini hanya 2 hari, bagaimana untuk menormalkan kembali hormon yg terganggu karena efek kb suntik ini dok? karena saya sudah ingin menambah anak lagi (saya melahirkan anak pertama tahun 2007, dari melahirkan sampai november 2009 saya pakai IUD) terimakasih atas jawabannya
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang kami hormati,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.


Pengembalian kesuburan tiap individu biasanya berlangsung variatif antara 3-12 bulan. Selama dalam waktu pengembalian kesuburan maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Melihat dari keluhan Anda sudah sejak tahun 2010, maka kami anjurkan Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengatur program hamil Anda. 

 

Selain itu, jika Anda dan suami ingin mencoba untuk mendapatkan keturunan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Bagaimana dengan hubungan seksual Anda dan suami? Apakah Anda dan suami telah melakukan hubungan seksual minimal 2-3 kali/minggu? Lebih baik untuk melakukan hubungan seksual sesering mungkin pada saat merencanakan ingin memiliki keturunan.

Hubungan seksual juga perlu dilakukan terutama pada saat masa subur. Masa subur adalah masa dimana telah terjadi ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur). Untuk mengetahui kapan masa subur Anda, Anda harus mengetahui berapa rata-rata siklus haid Anda dari 3-6 siklus haid terakhir. Jika siklus menstruasi anda berlangsung teratur selama 28 hari, maka waktu terjadinya ovulasi anda adalah perkiraan Hari Pertama Haid Berikutnya dikurangi 14 hari. Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika Anda dan suami melakukan hubungan seksual pada masa-masa itu.

Berikut adalah beberapa artikel kami yang dapat Anda akses terkait persiapan kehamilan

Merencanakan Kehamilan

 

Sepuluh Cara Meningkatkan Kesuburan

Tips Mempercepat Kehamilan

 

 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. [SH]


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar