Sukses

Wasir pada Perempuan

08 Jul 2013, 16:00 WIB
Wanita, 23 tahun.
apa iya untuk penderita wasir perempuan dianjurkan melakukan operasi wasir setelah melahirkan? kebetulan wasir saya masih stadium 2. terimakasih dokter
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang kami hormati,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

 

Tidak ada keharusan untuk melakukan operasi terkait proses persalinan kecuali derajat wasir yang dialami sudah masuk derajat 3. Pada wasir derajat 3 yang dialami perempuan, memang dianjurkan operasi bahkan sebelum hamil. Hal ini karena dalam kehamilan, wasir dapat bertambah besar karena adanya peningkatan tekanan dalam perut (intraabdomen) akibat kehamilan. Ketika melahirkan pun benjolan wasir dapat keluar dari anus karena proses mengedan yang harus dilalui sebagai bagian dari proses kelahiran normal.

Selama benjolan wasir ini masih dalam grade II atau benjolan dapat masuk sendiri setelah keluar dari anus, maka yang terpenting adalah mencegahnya agar tidak bertambah berat.

Cara untuk menghindari peningkatan derajat wasir menjadi lebih parah lagi dapat dilakukan melalui beberapa cara, diantaranya adalah :

  • Minum banyak air, makan makanan yang mengandung banyak serat (buah, sayuran, sereal, suplemen serat, dll) sekitar 20-25 gram sehari
  • Olahraga
  • Mengurangi mengedan
  • Menghindari penggunaan laksatif (perangsang buang air besar)
  • Membatasi mengedan sewaktu buang air besar.
  • Penggunaan celana dalam yang ketat dapat mencetuskan terjadinya wasir dan dapat mengiritasi wasir yang sudah ada.
  • Penggunaan toilet jongkok juga sebaiknya dihindari.


Apabila Anda melakukan tips-tips yang kami berikan di atas, mudah-mudahan wasir yang Anda miliki tidak bertambah berat sehingga tidak membutuhkan operasi. Bila keluhan tidak membaik, Anda dapat berkonsultasi ke dokter kandungan Anda sebelum merencanakan kehamilan atau sebelum melewati proses persalinan.

Berikut adalah artikel yang dapat melengkapi penjelasan kami:

Cara Sehat Cegah Wasir

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (SH)

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar