Sukses

Pil KB Rangsang Rambut Tumbuh?

19 Oct 2014, 09:09 WIB
Pria, 22 tahun.
halo dok,, say mau nanya! benar gak sih kalau pil KB dapat merangsang pertumbuhan rambut??
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Kontrasepsi oral atau pil KB adalah mengandung bentuk sintetik hormon seks yang ada pada perempuan yaitu estrogen dan progesteron atau progesteron saja. Salah satu efek samping konsumsi pil KB justru adalah kerontokan rambut pada perempuan yang memang memiliki predisposisi genetik kerontokan rambut yang berkaitan dengan hormon dan sensitivitas folikel rambut.

Namun, pil kontrasepsi memang dapat dimanfaatkan (dikombinasikan dengan obat lain seperti spironolakton) untuk penanganan kerontokan rambut pada kondisi yang disebut alopesia androgenetik atau female pattern baldness. Pil kontrasepsi mengurangi kadar androgen dalam tubuh. Androgen itu sendiri merupakan hormon laki-laki yang juga ditemukan pada tubuh perempuan dalam jumlah sedikit. Kadar androgen yang terlalu tinggi dapat menyebabkan alopesia androgenetik. 

Karena itu, pil kontrasepsi tidak memiliki efek merangsang pertumbuhan rambut secara langsung. Seperti yang telah disebutkan di atas, berkaitan dengan kerontokan rambut, penggunaannya hanya bermanfaat pada perempuan dengan alopesia androgenetik. Bahkan pada perempuan dengan predisposisi genetik tertentu, konsumsinya justru dapat menyebabkan kerontokan rambut. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar