Sukses

Terlambat Haid

07 Jul 2013, 13:50 WIB
Wanita, 43 tahun.
Dear Dokter, kok prtanyaan saya 2 hari yang lalu belum di jawab ya? terimakasih. regards
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih atas kesabaran dan kesetiaan Anda dalam menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Kami memahami kebingungan Anda dan anggota keluarga Ada. Sayang sekali, kami kesulitan untuk menentukan kondisi kesehatan anggota keluarga Anda karena tidak dapat melakukan pemeriksaan langsung. Terlambat haid dapat disebabkan oleh banyak hal. 

Banyak hal yang dapat menyebabkan siklus haid menjadi terlambat, antara lain:

 

  • Stress dan depresi
  • Nutrisi yang kurang, penurunan berat badan berlebihan, olahraga berlebihan, obesitas
  • Gangguan hipotalamus dan hipofisis sehingga terjadi ketidak seimbangan hormon dalam tubuh
  • Gangguan indung telur
  • Penggunaan obat-obatan, seperti obat antidepresi, kortikosteroid, kontrasepsi oral, dll
  • Penyakit kronik dan Sindrom Asherman
  • Hamil
  • dll

Kehamilan atau bukan memang perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan USG dan/atau pemeriksaan hormon kehamilan. 

Pada pemeriksaan USG anggota keluarga Anda, dikatakan tidak ada kantong janin dan hanya ada penebalan dinding rahim. Hal ini menunjukkan bahwa penyebab terlambat haid bukanlah kehamilan. Jika Anda ragu, Anda dapat memeriksakan ulang ke dokter kebidanan dan kandungan lain untuk pendapat kedua/pemeriksaan konfirmasi. Anda juga dapat mendiskusikan hasil tersebut dengan dokter anggota keluarga Anda untuk penjelasan lengkap hasil pemeriksaan.

Regumen merupakan obat untuk memperlancar haid, dan penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk dokter dan terus dikonsultasikan perkembangannya pada dokter anggota keluarga Anda.

Kehamilan di atas usia 35 tahun memang memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan usia lebih muda. Beberapa risiko yang mungkin terjadi seperti:

  1. Tekanan darah tinggi & Diabetes. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan masalah bagi ibu dan bayi, seperti penyakit jantung dan stroke, pertumbuhan janin terhambat dan berat lahir rendah, lepasnya plasenta dari dinding rahim selama persalinan yang dapat menyebabkan perdarahan. Namun dengan perawatan sebelum persalinan yang baik dan teratur, permasalahan tersebut dapat dicegah. Sekitar 1 dari 4 wanita dapat masuk kedalam kondisi yang disebut preeklamsia, kondisi dimana tekanan darah ibu menjadi tinggi dan ditemukan protein dalam urin. Jika terlambat atau tidak ditangani maka ibu dapat jatuh kedalam kondisi kejang atau bahkan koma.
  2. Kehamilan kembar atau lebih
  3. Kelainan kromosom pada anak, tersering adalah Down Syndrome yaitu kombinasi kelainan retardasi mental dengan abnormalitas bentuk fisik akibat kelainan kromosom
  4. Keguguran
  5. Plasenta previa, kelainan letak plasenta yang menutupi jalan lahir
  6. Operasi caesar
  7. Bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR), bayi kurang dari 2500 gr atau lahir prematur (kurang dari 37 minggu kehamilan)

 
Untuk itu, setiap kehamilan di atas usia 35 tahun perlu dipantau ketat oleh dokter.
 
Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan Semoga bermanfaat. (JF)

 

 

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar