Sukses

Nyeri dada kiri

09 Jul 2013, 09:18 WIB
Pria, 23 tahun.
dok, saya mau tanya, saya sudah sebulan ini selalu pegal bagian tubuh sebelah kiri, dan selalu sakit di daerah jantung, kadang seperti di tekan, kadang seperti remas,saya lumayan sering olah raga, tapi sakit ini selalu muncul ketika saya diam sejenak, apakah iotu termasuk penyakit jantung?? atau ada penyakit lain?? mohon penjelasannya
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Bagaiamana awal muncul nyeri dada tersebut? Apakah ada keluhan lain selain nyeri dada? Apakah sudah sering muncul? Berapa lama durasi nyeri?

Di daerah dada sebelah kiri terdapat beberapa organ tubuh, seperti jantung, paru-paru, lambung, dan limpa. Namun bila nyeri di daerah dada kiri memang paling sering disebabkan oleh kelainan pada jantung, namun biasanya (tidak selalu) disertai oleh gejala sesak nafas, jantung berdebar-debar, berkeringat banyak, nyeri yang dirasakan bila terjadi gejala serangan jantung adalah nyeri seperti ditimpa. 

Nyeri pada daerah dada kiri, juga dapat disebakan oleh cedera otot. Juga dapat disebabkan oleh penyakit maag, oleh karena lambung berada tepat dibawah jantung, maka terkadang pada pasien maag, terasa nyeri yang memimikasi nyeri jantung. Tentu nyeri maag sering kali harus disertai oleh keluhan kembung, mual, terasa terbakar, muntah. 

Coba untuk baca artikel : 

https://www.klikdokter.com/healthnewstopics/read/2009/11/19/1318/beda-sakit-maag-dan-gerd#.Udtxj2A2_x4

Bila nyeri karena paru-paru, apakah anda pernah infeksi paru-paru? apakah anda pernah demam tinggi? apa ada keluhan batuk dan sesak nafas?

Bila karena cedera otot, apakah ada kesalahan posisi dalam berolahraga?

Bila keluhan hanya nyeri dan berlangsung terus menerus, coba lakukan pemeriksaan EKG atau echocardiography, untuk melihat gambaran dari jantung anda. Pemeriksaan ini dapat anda lakukan dengan dokter specialis penyakit dalam atau specialis jantung. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat (EA)

Salam, 

tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar