Sukses

Sakit Gigi Saat Hamil

16 Oct 2014, 13:40 WIB
Wanita, 28 tahun.
dok, saya sedang hamil 15 minggu,gigi bagian atas sakit dan gusinya bengkak....,apakah obat yang boleh saya makan?? apakah boleh cabut gigi saat hamil??terimakasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokkter.com.
Usia kehamilan Anda saat ini telah memasuki trimester kedua, yaitu masa yang cukup aman untuk mendapatkan perawatan gigi. Apabila sakit yang Anda rasakan berupa denyut spontan terutama di malam hari meskipun tidak ada rangsangan dari makanan atau minuman, besar kemungkinan yang terjadi adalah gigi yang berlubang dalam hingga mengenai rongga syaraf. Untuk meredakan rasa sakit tersebut, dapat digunakan obat penghilang rasa sakit (analgesik). Namun saran saya, ada baiknya Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi untuk memastikan diagnosa yang tepat dari gigi Anda, beserta rencana perawatannya. Obat analgesik akan diresepkan oleh dokter gigi Anda apabila memang diperlukan, dan dipilih yang aman untuk ibu hamil. Tidak dianjurkan untuk meminum sembarang obat tanpa resep dokter, karena beresiko membahayakan janin.

Pencabutan gigi bisa saja dilakukan pada ibu hamil namun tidak dianjurkan, karena beberapa pertimbangan. Pencabutan gigi yang tidak bersifat gawat darurat sebaiknya ditunda hingga setelah ibu melahirkan. Perlu saya informasikan, pencabutan adalah pilihan terakhir apabila gigi memang sudah tidak bisa dirawat lagi.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, apabila masih ada yang ingin Anda tanyakan silakan kirimkan kembali pertanyaan Anda ke redaksi kami.
Drg. Martha Mozartha, M.Si
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar