Sukses

Batuk Pada Anak

06 Jul 2013, 12:42 WIB
Pria, 33 tahun.
Mau tanya dokter, saya punya bayi kembar perempuan saat ini berumur 11 minggu, dan saat ini sudah sekitar 1 minggu batuk batuk terus,.. untuk si kakak batuknya lebih parah, kalau sedang batuk sampai 5x bahkan lebih tidak berhenti batuk nya. pernah terkadang keluar seperti dahak namun sedikit... tetapi badan tidak demam, mohon pencerahan untuk mengatasinya. terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 erima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Untuk mengetahui apakah penyebab batuk dari anak Anda haruslah terlebih dahulu dilakukan anamnesis lengkap, pemeriksaan fisik, dan kalau perlu pemeriksaan penunjang. Batuk merupakan fenomena yang normal karena batuk adalah salah satu mekanisme pertahanan pernapasan yang dapat mencegah aspirasi makanan padat, cair, dan berbagai benda asing lain (aspirasi = terhirup ke paru-paru). Batuk sendiri merupakan mekanisme untuk mengeluarkan lendir berlebih yang diproduksi oleh saluran pernapasan terutama apabila saluran pernapasan sedang meradang.

Batuk pada anak memang banyak penyebabnya, dari infeksi, alergi, asma, iritasi, dan banyak hal lainnya.Manifestasi asma pada anak terkadang bukan sesak dan mengi (bunyi 'ngik-ngik' ketika bernapas) namun berupa Batuk Kronik Berulang tanpa mengi. Apabila memang ada kecurigaan asma akibat dari alergi atau batuk karena alergi, maka langkah selanjutnya adalah pemeriksaan penunjang seperti roetngen dada,pemeriksaan uji fungsi paru (bila anak bisa), dan pemeriksaan tes alergi. Pemberian pengobatan akan tergantung dari masing-masing kasus.

Alergi adalah gangguan dari sistim kekebalan tubuh yang dicetuskan oleh alergen atau zat pencetus alergi. Alergi dalam hal ini adalah hipersensitivitas terhadap alergen. Faktor risiko dari alergi diantaranya adalah ras, genetik (keturunan), jenis kelamin, usia, dan lingkungan (infeksi, polusi, makanan, kadar alergen).

Kami sarankan agar Anda mengkonsultasikan anak Anda ke dokter spesialis anak atau Dokter Spesialis Pulmonologi Anak atau Spesialis Imunologi. untuk evaluasi lebih lanjut guna mencari penyebab dari batuk ini.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar