Sukses

GERD

08 Jul 2013, 10:36 WIB
Pria, 36 tahun.
saya sudah lama mengidap penyakit magh, dan barubaru ini saya lagi diserang dengan sesak nafas dan sering bersendawa ringan, sampai-sampai masuk UGD saking rasanya mau pingsan, jantung berdebar dan telapak tangan dan kaki keringat. hasil EKG dan rontgen normal juga pemeriksaan darah kolestrol tidak terlalu tinggi, menurut diagnosa dokter saya GERD. tapi rasa tidak enak badan dan sakit dibagian dada seperti dicubit sampai tembus kebelakang muncul hilang sangat mengganggu. terlebih lagi banyak lendir di tenggorokan. diberikan obat asam lambung oleh dokter tapi belum juga pulih 100%. solusi apa yang bisa saya lakukan?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Gastro esophageal reflux disease (GERD) merupakan penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan.

Gejala GERD hampir sama dengan sakit lambung. Gejala khusus GERD yang mudah dibedakan dari sakit lambung adalah: rasa seperti terbakar /panas di bagian belakang tulang dada dan cairan lambung yang naik tidak hanya sampai ke kerongkongan, tetapi juga hingga ke mulut sehingga dapat terasa asam pada bagian belakang mulut.

Pada penderita GERD, terjadinya sesak napas dipicu oleh hal-hal yang meningkatkan asam lambung, seperti saat terlambat makan, stres, setelah mengkonsumsi kopi, dll.bagaimana dengan anda?


Selain itu Anda juga perlu untuk mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat, seperti :

 

  • Makan secara teratur, dengan frekuensi sering dan porsi kecil-kecil
  • Jangan langsung tidur setelah makan malam
  • Hindari rokok dan alkohol serta minuman bersoda lainnya
  • Hindari stres
  • Tidur cukup 8 jam/hari
  • Olahraga teratur, minimal 3x/minggu masing-masing selama 30menit.

 

Dengan melakukan kombinasi terapi dengan obat-obatan dan perubahan gaya hidup, diharapkan masalah Anda dapat lebih teratasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar