Sukses

Air Kencing Merah

20 Oct 2014, 06:40 WIB
Wanita, 29 tahun.
mau tanya dok kenapa BAK saya kadang2 merah seperti air cucian daging kadang2 jg pinggang saya sedikit sakit,sudah saya periksa ke 2 dokter. Hasil test urin,darah,dan USG hasilnya tidak menunjukan adanya penyakit didalam tubuh saya,saya jd bingung dok apa yg harus saya lakukan dan apa penyebab BAK saya merah,terimakasih dok saya tunggu penjelasan dari dokter.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Ibu/Saudari yang kami hormati,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

 

Air kencing yang berwarna merah dapat disebabkan karena beberapa hal, diantaranya adalah adanya kandungan darah dalam kencing, atau kandungan kimia lain dari apa yang Anda minum atau makan (misalnya obat-obatan) yang dapat mengubah warna air kencing Anda menjadi merah.

Mengingat bahwa Anda sudah menemui dokter sebelumnya, apakah Anda melakukan pemeriksaan urin yang Anda sebutkan saat kencing Anda berwarna merah? Apa yang ditemukan dalam pemeriksaan tersebut? 

Apabila saat kencing Anda berwarna merah ditemukan sel darah merah, berarti terdapat kondisi yang menyebabkan darah dapat keluar dalam kencing. Hal-hal yang dapat menyebabkan kondisi ini berupa:

  • Infeksi saluran kencing. Dalam infeksi pada umumnya terdapat demam dan nyeri saat kencing.
  • Infeksi ginjal. Sama halnya dengan infeksi saluran kencing, infeksi pada umumnya akan disertai demam.
  • Batu ginjal atau saluran kencing. Terkadang batu ginjal atau saluran kencing dapat sangat kecil sehingga meskipun menyebabkan perlukaan tetapi tidak ada gejala nyeri sesudah batu tersebut keluar.
  • Anemia sel sabit. Anemia sel sabit pada umumnya akan terdeteksi dengan tes darah. Kondisi ini pun sifatnya herediter.
  • Trauma ginjal. Trauma berupa cedera atau kecelakaan yang mencederai ginjal dapat menyebabkan darah keluar dalam urin.
  • Obat-obatan. Obat-obatan seperti aspirin apabila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan perlukaan lambung dan menyebabkan darah keluar dalam urin.
  • Olahraga berat. Olahraga dengan intensitas berat dapat menyebabkan rhabdomiolisis dimana serabut otot mengalami stres berat sehingga menyebabkan sel darah merah keluar dalam urin.

Apakah semua kondisi di atas sudah disingkarkan sebelumnya? Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Anda, khususnya yang mengetahui hasil tes urin, darah dan USG yang telah Anda lakukan untuk menyingkirkan segala kemungkinan.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat [SH]

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar