Sukses

Keringat Berlebih di Ketiak

17 Oct 2014, 17:44 WIB
Pria, 19 tahun.
dok, kalau keringat berlebihan di ketiak meskipun sudah pakai deodoran tapi masih basah, itu ada gangguan apa tidak dok..?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang kami hormati,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

 

Keringat yang banyak dapat disebabkan karena metabolisme yang lebih tinggi dari orang pada umumnya atau kelenjar keringat yang memang banyak. Banyak berkeringat sendiri merupakan pertanda baik karena berarti kelenjar keringat berfungsi sempurna. Pengeluaran keringat merupakan proses sekresi atau pembuangan sisa-sisa garam dan juga racun dari dalam tubuh. Selain itu, keringat juga berfungsi menurunkan panas di dalam tubuh sehingga suhu di permukaan kulit dapat senantiasa terjaga pada tingkatan normal.

Cuaca panas di negara tropis seperti Indonesia juga membuat orang mudah berkeringat. Kelembapan udara yang cukup tinggi dan udara yang panas akan membuatnya mudah berkeringat. Mekanismenya, tubuh yang menyimpan panas membutuhkan penguapan yang berujung pada keluarnya keringat tadi.

Keringat juga keluar ketika tubuh memproses makanan yang dikonsumsinya menjadi protein yang akan digunakan sebagai pasokan energi untuk tubuhnya. Karena proses mengubah makanan menjadi protein membutuhkan kalori, maka terjadi peningkatan panas dalam tubuh yang kemudian akan dibuang dalam bentuk keringat. Adanya proses metabolisme ini membuat Anda yang sedang diam atau tidur pun tetap saja berkeringat.

Akan tetapi, perhatikan gejala-gejala atau keluhan lain, seperti:

  • Penurunan berat badan berlebih
  • Tremor tidak terkontrol
  • Demam
  • Keluhan lain yang sebelumnya tidak ada

Apabila Anda mulai mengalami keluhan-keluhan tersebut, maka jangan segan-segan menemui dokter Anda.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat [SH]

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar