Sukses

Ovarium Kiri Diangkat Karena Kehamilan Ektopik

04 Jul 2013, 15:01 WIB
Wanita, 27 tahun.
september 2012 sy oprasi karena hamil diluar kandungan. ovarium kiri diangkat. bgmn tips2nya agar kejadian tsb tdk terulang, dan jarak waktu yg pas utk sy program hamil lg brapa lama?? makasih sblmnya dok....
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang kami hormati,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.


Kami memahami kekhawatiran Ibu. Wajar bila Anda khawatir untuk hamil kembali setelah mengalami kehamilan ektopik. Seseorang yang mengalami kehamilan ektopik bukan berarti tidak dapat mengalami kehamilan normal namun berarti ia memiliki kemungkinan untuk mengalami kehamilan ektopik lagi di masa depan.

Kehamilan ektopik seringkali disebabkan oleh:

  1. Merokok
  2. Kehamilan ektopik sebelumnya
  3. Riwayat infeksi di tuba falopi (salpingitis, PID : Pelvic Inflammatory Disease)
  4. Riwayat operasi pada tuba falopi
  5. Komplikasi dari pecahnya infeksi appendisitis (usus buntu)
  6. Endometriosis

 No. 2, 3 dan 4 dapat menyebabkan terciptanya jaringan parut pada saluran tuba falopi sehingga hasil pembuahan tidak dapat berpindah ke rongga rahim dan terjebak di sepanjang saluran.

Apabila saluran telur pecah akibat kehamilan ektopik dan diangkat melalui operasi, seorang wanita akan tetap menghasilkan ovum (sel telur) melalui saluran telur sisi sebelahnya namun kemungkinan hamil berkurang sebesar 50%. Hal ini dapat menurunkan angka kemungkinan hamil berikutnya tetapi bukan berarti Anda tidak dapat hamil lagi.

Diskusikanlah dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda, yang tentunya memahami riwayat medis atau penyakit Anda sebelumnya. Kemungkinan KET berulang akan dapat diperkecil dengan menyingkirkan faktor risiko yang dapat dikontrol, seperti mengobati infeksi panggul apabila ada, gaya hidup sehat, dll.

Utarakan segala hal yang menjadi kekhawatiran dan kebingungan Anda termasuk kapan saat yang tepat untuk memulai kehamilan kembali. 

Berikut adalah link yang dapat membantu menjelaskan pertanyaan Anda: 

Kehamilan Ektopik

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat [SH]


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar