Sukses

Pencegahan Kehamilan Ektopik Berulang

19 Oct 2014, 17:32 WIB
Wanita, 26 tahun.
Selamat Siang Dok Dok sya mau tanya, 30 maret 2013 lalu saya hbs operasi KET yang ingin saya tanyakan terapi/pengobatan apa yg hasrus sya jalani agar KET tdk terulang lagi? Jujur tkt bgt mau hml lgi dok, krne kehamilan yang pertama gagal karna KET. Terima Kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang kami hormati,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.


Kami memahami kekhawatiran Ibu. Wajar bila Anda khawatir untuk hamil kembali setelah mengalami kehamilan ektopik. Seseorang yang mengalami kehamilan ektopik bukan berarti tidak dapat mengalami kehamilan normal namun berarti ia memiliki kemungkinan untuk mengalami kehamilan ektopik lagi di masa depan.

Kehamilan ektopik seringkali disebabkan oleh:

  1. Merokok
  2. Kehamilan ektopik sebelumnya
  3. Riwayat infeksi di tuba falopi (salpingitis, PID : Pelvic Inflammatory Disease)
  4. Riwayat operasi pada tuba falopi
  5. Komplikasi dari pecahnya infeksi appendisitis (usus buntu)
  6. Endometriosis

 

No. 2, 3 dan 4 dapat menyebabkan terciptanya jaringan parut pada saluran tuba falopi sehingga hasil pembuahan tidak dapat berpindah ke rongga rahim dan terjebak di sepanjang saluran.

Diskusikanlah hal ini dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda, yang tentunya memahami riwayat medis atau penyakit Anda sebelumnya. Kemungkinan KET berulang akan dapat diperkecil dengan menyingkirkan faktor risiko yang dapat dikontrol, seperti mengobati infeksi panggul apabila ada, gaya hidup sehat, dll.

Utarakan segala hal yang menjadi kekhawatiran dan kebingungan Anda termasuk kapan saat yang tepat untuk memulai kehamilan kembali. 

Berikut adalah link yang dapat membantu menjelaskan pertanyaan Anda: 

Kehamilan Ektopik

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. [SH]


Salam,

TIm Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar