Sukses

Menambah Tinggi Badan?

18 Oct 2014, 04:49 WIB
Wanita, 15 tahun.
Dokter, saya perempuan berusia 15 tahun dengan tinggi badan 162 cm. Pertama-tama, saya ingin bertanya, pertumbuhan pada wanita umumnya berhenti pada usia berapa tahun, Dok? Saya ingin menaikkan tinggi badan saya sampai 178 cm apakah mungkin Dok? Bagaimana cara yang baik untuk menaikkan tinggi badan saya Dok? Mohon bantuannya. Terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu genetik (keturunan), gizi, dan lingkungan. Genetik dalam hal ini adalah tinggi badan kedua orangtua. Rumus memperkirakan tinggi anak berdasarkan tinggi orangtuanya adalah :

Anak laki-laki= (Tinggi Ibu + 13) + Tinggi Ayah (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm

Anak perempuan = (Tinggi Ayah - 13) + Tinggi Ibu (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm

Dari faktor gizi yang diperlukan tentu saja protein untuk pertumbuhan dan perbaikan sel yang diikuti oleh gizi seimbang dari sumber lainnya. Sedangkan lingkungan dalam hal ini berarti adalah olahraga untuk melancarkan aliran darah dan membantu metabolisme agar berjalan dengan baik (seperti berenang, berlari, dan jenis aerobik).

Namun perlu diketahui bahwa penambahan tinggi badan dapat dilakukan apabila lempeng pertumbuhan yang terdapat di tulang panjang masih terbuka. Lempeng tersebut terbuka pada saat usia pubertas dan pada tulang panjang yang mempengaruhi tinggi badan baru akan menutup pada usia 16-19 tahun pada wanita.

Beberapa tips yang dapat diberikan untuk menambah tinggi badan terkait dengan faktor-faktor di atas yaitu gizi dan olahraga:

Nutrisi

Tinggi badan menunjukkan kualitas gizi orang tersebut saat masa kanak-kanak dulu. Jika kualitas gizi orang itu kurang pada masa kanak-kanak dulu, orang tersebut cenderung pendek pada masa dewasanya, dan sebaliknya. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan kalsium untuk membantu pertumbuhan tulang.

Olahraga

Dianjurkan untuk melakukan olah raga yang memberikan beban pada tulang panjang kaki, misalnya atletik, lari santai, lompat tali (skipping), basket, badminton dan olahraga lain yang sejenis. Dengan cara tersebut, tulang dirangsang tumbuh sedikit lagi karena hentakan berat badan. Selain itu, olahraga renang juga dapat bermanfaat.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar