Sukses

Kebotakan

03 Jul 2013, 05:06 WIB
Pria, 34 tahun.
Dear Dokter, saya ingin bertanya masalah kebotakan yg masih menganjal dihati yaitu jika kebotakan adalah keturunan apakah bisa di obati, dengan cara apa dan apakah obat minum dan obat luar dijual bebas, terima kasih atas perhatiannya Danang,
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kerontokan rambut yang disebabkan oleh faktor keturunan disebut dengan alopesia androgenika dan akan dimulai secara bertahap dari bagian depan terus ke belakang.  Pada kerontokan awal, akan terlihat pola huruf M pada kepala. Jika kerontokan terus berlanjut maka akan membentuk huruf U dan dahi akan terlihat lebih lebar. Bagaimana dengan pola penipisan rambut Anda?

 

Jika mereka yang mengalami kebotakan merasa nyaman dengan penampilan mereka maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Masalah yang timbul lebih menyangkut estetika dan kosmetika penampilan saja. Seringkali masalah ini dapat diatasi dengan penggunaan hair piece atau perubahan model rambut. Cara ini adalah yang paling aman dan murah.

 

Selain itu, menangani kebotakan dapat dilakukan dengan pemberian obat-obatan, seperti dengan minoxidil dan atau finasteride. Cara lain yang lebih permanen dan seringkali memberikan hasil baik, adalah transplantasi rambut. Metode ini dilakukan dengan memindahkan folikel rambut dari daerah yang lebat dan masih bertumbuh ke daerah yang botak. Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk diagnosis jenis dan derajat penipisan rambut Anda, dan mendiskusikan pilihan penanganan yang paling sesuai untuk Anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.(PNA)


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar