Sukses

Bercak Memar pada Bayi

18 Oct 2014, 21:07 WIB
Pria, 42 tahun.
Selamat malam dok, anak saya 5 tahun, perempuan, pada kaki dan badannya suka ada bercak biru seperi habis terbentur, yang paling dominan di kakinya. Gejala apa dok? Terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Salam kami untuk buah hati Anda. 

Apakah yang Ibu maksudkan bercak memar? Apakah bercak tersebut nantinya menghilamg sendiri? Bercak biru lebam atau memar di kulit tubuh pada bayi memang dapat sering ditemukan dan  pada akhirnya dapat menghilang dengan sendirinya dalam 1-2 minggu. Hal ini terjadi karena penggumpalan darah di jaringan bawah kulit akibat pecahnya dinding pembuluh darah. Pecahnya pembuluh darah ini dapat terjadi akibat trauma/benturan fisik. Beberapa anak juga lebih rentan mengalami lebam daripada anak lainnya dan biasanya di daerah tangan dan kaki yang lebih aktif. Pada anak, lebam memang lebih terlihat karena kulitnya lebih tipis.

Jika anak Anda adalah anak yang aktif, sering bermain bersama teman, maka kemungkinan besar anak Anda mendapatkan lebam-lebam saat beraktivitas. Hal ini tidak berbahaya. Namun jika lebam pada anak Anda tidak hilang dalam 2 minggu, disertai rasa nyeri, disertai demam, memar di banyak tempat, disertai pendarahan gusi atau pendarahan di tempat lain, maka Anda sebaiknya mengunjungi dokter. Jika hal-hal tersebut terjadi mungkin saja dokter perlu melakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui apakah ada kelainan darah yang terjadi pada anak Ibu, seperti hemofilia.

Untuk pertolongan dalam 2 hari pertama saat anak Ibu mendapat lebam dan bengkak, Ibu dapat mengompresnya dengan es yang dibungkus handuk selama 15 menit, beberapa kali sehari.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar