Sukses

Gatal Bengkak Setelah OR

01 Jul 2013, 18:41 WIB
Pria, 20 tahun.
dok saya mau bertanya saya kurang tahu pasti ini kapan mulai terjadi, yg jelas saya sudah merasakan ini semenjak kelas 3 SMA, begini dok, setiap kali olahraga badan saya itu panas, kemudian pada tubuh saya timbul bengkak - bengkak seperti alergi, tidak gatal cuman badan saya panas, dan saya rasakan pada seluruh bagian tubuh, semuanya memerah dan itu tadi bengkak - bengkak seperti orang yang sedang alergi, cuman ntar udah agak lama, gatal dan pnas serta merah- merah itupun hilang dan itu saya rasakan ananti ketika badan sudah agak sejuk dan perlahan menghilang, saya agak kawatir akan kesehatan saya ini dok, kira2 dokter bisa bantu saya menjelaskannya, trims.. mohon dibalas y dok
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan Anda adalah bengkak - bengkak seperti alergi, tidak gatal namun panas, pada seluruh bagian tubuh, semuanya memerah. Setelah agak lama, gatal dan panas serta merah- merah itupun hilang  ketika badan sudah agak sejuk dan perlahan menghilang. Yang perlu kami pertegas, apakah keluhan Anda ini terasa gatal?

Nampaknya keluhan yang Anda sebutkan ini dalam dunia medis disebut dengan urtikaria.

Urtikaria atau dikenal awam sebagai biduran memang merupakan reaksi alergi. Untuk itu, selain pengobatan, perlu diketahui hal apa yang menyebabkannya. Ini diperlukan karena penanganan alergi yang terbaik adalah dengan menghindari pencetus yang menyebabkan terjadinya gejala. 

Adapun penyebab terjadinya urtikaria, meliputi:

  1. Obat (obat minum, sabun, bahan kosmetik, dll)
  2. Makanan
  3. Gigitan/sengatan serangga
  4. Trauma fisik
  5. Bahan yang dihirup (jamur, debu, bulu binatang)
  6. Infeksi (bakteri, virus, cacing)
  7. Gangguan emosional
  8. Faktor keturunan
  9. Beberapa penyakit seperti keganasan, hepatitis, hipertiroid
  10. Suhu (panas atau dingin)

Pada kasus Anda, nampaknya, urtikaria Anda disebabkan karena suhu, yaitu panas. 

Untuk itu sebaiknya kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin, untuk memastikan diagnosis. Diperlukan wawancara medis yang mendetil untuk mengetahui dengan pasti penyebab  alergi Anda. Mungkin diperlukan pemeriksaan alergi seperti uji cukit kulit atau uji tempel, untuk mengetahui penyebab reaksi alergi Anda. Setelah diagnosis Anda tegas, maka dokter akan memberikan penanganan yang sesuai.


Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

 
Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar