Sukses

TBC Kambuh

20 Oct 2014, 00:07 WIB
Wanita, 30 tahun.
Pagi Dok, Agustus 2011 saya pernah opname 2 minggu dan dinyatakan terkena TBC dan sdh disedot cairan di paru2 kanan sebanyak 1 liter, sdh menjalani pengobatan selama 10bln dan dinyatakan sembuh meskipun paru2 kanan bawah msh ada sisa cairan yg sdh mengeras dan kata dokter tdk bs dihilangkan. 2 minggu ini saya mulai batuk2 lagi, oleh dokter paru diberi obat cefadroxil 10tablet dan obat racikan ( codein, GG, Nairet,lamesin, smocain) 20tablet. yg mau saya tanyakan, apakah penyakit TBC bs kambuh lagi dan faktor apa yg menjadi penyebabnya? mengingat sdh hampir 8bulan ini saya bekerja dilingkungan yg perokok. Pencegahan seperti apa yg hrs saya lakukan ato saya hrs mengkonsumsi apa spy tdk kambuh lg, disamping itu saya merasa daya tahan tubuh saya gampang menurun. dan faktor apa yg bs membuat TBC kambuh lg. Maaf sebelumnya dan saya tunggu jawabannya, Matur Nuwun Dokter.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Salam sehat selalu untuk Anda dan keluarga. Bagaimana karakter batuk yang Anda alami saat ini? Berdahak atau tidak? Bagaimana dengan berat badan Anda, apakah stabil atau menurun? Apakah berkeringat malam hari pada saat cuaca sejuk? Adakah demam?

Penyakit TBC dapat kambuh kembali bila ternyata kuman TBC yang menginfeksi Anda adalah kuman yang resisten (kuman yang lebih kuat dan tidak dapat dibunuh dengan regimen obat biasa), pengobatan yang tidak teratur dan tidak tuntas, adanya penyakit lain, merokok, kebersihan yang kurang. Selain itu juga pada kondisi infeksi TBC sebelumnya yang terdapat banyak kavitas (lubang pada paru) lebih rentan untuk kambuh.

Bila penyebab kekambuhan adalah karena jenis kuman yang resisten maka perlu dilakukan tes sensitivitas untuk mengetahui jenis obat yang sesuai. Jika disebabkan karena faktor lain maka yang perlu dilakukan adalah menjaga kesehatan tubuh dan menjaga kebersihan.

Namun, terkadang mungkin saja seorang TBC bukan mengalami kekambuhan tetapi mendapatkan infeksi baru berulang dari sumber lain. Untuk itu hal ini perlu dikonfirmasi dengan wawancara medis lengkap, pemeriksaan langsung, dan pemeriksaan penunjang.

Saat ini, Anda tidak perlu khawatir. Mungkin saja keluhan batuk Anda adalah infeksi bakteri biasa. Dokter Anda akan mengevaluasi kembali pengobatan Anda. Bila tidak ada perbaikan maka dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan. Anda tidak perlu khawatir, infeksi TBC adalah infeksi yang dapat diobati. Bakteri yang resisten tetap dapat diobati, hanya saja memerlukan jenis antibiotik yang lebih kuat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar