Sukses

Sinusitis

30 Jun 2013, 08:49 WIB
Wanita, 20 tahun.
Selamat sore, Saya Meega, saya memiliki saudara yang mengidap penyakit sinusitis kurang lebih sudah 7 tahun. yang ingin saya tanyakan apa penyebab dari penyakit ini dan bagaimana penyembuhannya ? Pernah berobat ke akufuntur tapi tidak sembuh. Lalu saya juga suka merasa perih ketika BAK dan perut terasa panas yang amat hebat jika setelah makan makanan yang pedas,apakah ini gejala suatu penyakit ?. Terimakasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sinusitis didefinisikan sebagai peradangan rongga sinus pada tulang-tulang wajah yang biasanya berisi udara. Peradangan itu sendiri dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau non-infeksi (alergik) yang dapat memblok lubang sinus. Sebagai akibatnya:

  • Terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus
  • Kurangnya oksigen
  • Penurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, dan merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman.

Pada kasus infeksi, faktor penyebab dapat dihilangkan dengan pengobatan antibiotik. Bagaimanapun, pada kasus sinusitis akibat alergi, pengobatan medis hanya dapat membantu Anda mengurangi gejalanya, bukan menghilangkan faktor penyebabnya (alergi). Yang harus dilakukan pada kasus alergi adalah menghindari pemicunya.

Dalam perjalanannya, apabila sinusitis tidak diobati, infeksi kuman dari sinusitis juga dapat menyebar ke tulang sekitar rongga sinus yang terkena, mata, otak, dan paru. Namun keadaan ini dapat dicegah dengan penanganan yang cepat dan optimal. Terapi pembedahan jarang diperlukan kecuali telah terjadi komplikasi ke organ sekitar sinus.

Yang dapat Anda lakukan adalah memeriksakan ke dokter THT untuk mengetahui penyebab dari sinusitis  Anda dan mendapatkan pengobatan dan penanganan yang sesuai. Apakah terdapat sumbatan/obstruksi mekanik seperti kelainan bentuk pada daerah hidung ataukah murni karena alergi. Jika ditemukan adanya sumbatan/obstruksi mekanik, maka harus diperbaiki kelainannya. Sedangkan jika memang dicetuskan oleh alergi, maka hindari hal-hal yang menyebabkan alergi. 

Berikut adalah link artikel yang dapat membantu memberi informasi tentang Sinusitis:

https://www.klikdokter.com/medisaz/read/2010/07/05/59/sinusitis

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga membantu. [NO]


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar