Sukses

Nyeri Tengkuk

20 Oct 2014, 07:31 WIB
Pria, 43 tahun.
saya merasakan sakit di bagian belakang kepala hampir setiap hari, tengkuk terasa kaku,pundak terasa tegang, sepertinya masuk angin sudah jadi langganan tetap, tensi saya terakir 150/90, belakangan ini sudah sekitar 4 hari tangan terasa kesemutan, kadang timbul kadang ilang, tolong dok saya beri solusi, terima kasih sebelumnya
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Nyeri di belakang kepala dan tengkuk dapat disebabkan berbagai macam hal, dari hipertensi, pengapuran daerah tulang leher (servikal), hipertensi, sakit kepala (cluster, tension), posisi kerja tidak anatomis, keram otot, dan banyak lagi. Perlu diuraikan satu persatu kira-kira apa yang menjadi penyebab dari nyeri yang Anda alami.

Tentunya berdasarkan faktor risiko yang Anda sebutkan, yang Anda miliki dan harus dikendalikan pertama kali adalah tekanan darah tinggi. Tekanan darah Anda sebaiknya terkontrol terlebih dahulu. Terkontrol dalam hal ini bukan berarti Anda sakit kepala lalu minum obat antihipertensi sekali lalu sakit kepala Anda hilang. Terkontrol dalam artian Anda seharusnya meminum terus obat antihipertensi sampai tekanan darah Anda terkontrol dan dilihat gejalanya, apabila menghilang maka kemungkinan hipertensi adalah penyebabnya. Sakit kepala akibat hipertensi tidak akan hilang apabila Anda tidak teratur meminum obatnya dan hanya meminum obat kadang-kadang saat sakit kepala.

Sedangkan faktor yang lain mungkin juga merupakan penyebab, seperti terlalu stress dalam pekerjaan dapat menjadi penyebab Tension Headache. Penyebab yang kami sebutkan pada paragraf pertama pun masih belum dapat disingkirkan.

Saran kami adalah kontrol tekanan darah Anda, perbaiki posisi kerja Anda, cek mata Anda, beristirahatlah apabila nyeri tersebut datang, minum obat pereda nyeri seperti parasetamol atau asam mefenamat, dan berkonsultasilah langsung ke dokter apabila keluhan semakin bertambah berat. Anda dapat melihat artikel kami mengenai hipertensi dan sakit kepala di :

https://www.klikdokter.com/illness/detail/57

https://www.klikdokter.com/illness/detail/55

http://jantung.klikdokter.com/subpage.php?id=1⊂=73

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar