Sukses

Anak Sering Ingusan

19 Oct 2014, 22:19 WIB
Wanita, 6 tahun.
Dok anak saya dari umur 3 thn hingga sekarang hidungnya sering keluar lendir atau ingusan,sering dibuang cmn beberapa menit setelahnya keluar lagi,kl gak dibuang sering terkumpul dan banyak.pernah sehari sih hilang tapi esoknya ingusan lagi. apakah bisa disembuhkan itu dok dan berbahayakah untuk pertumbuhannya.minta tolong yach dok resep yang terbaik.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Ibu yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.


Pilek pada bayi, pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Infeksi virus akan sembuh sendiri (self limiting disease)  dan umumnya akan berlangsung antara 3-14 hari tergantung daya tahan tubuh anak dan tergantung ada tidaknya penderita flu di rumah atau orang yang sering berkontak dengan anak. Jika memang ada penderita flu di sekelilingnya, maka anak akan sangat potensial untuk sering mengalami flu. Kemungkinan kedua penyebab pilek pada bayi adalah alergi.

Nampaknya, yang dialami oleh anak Anda adalah karena alergi. Penyebab atau pemicu alergi perlu dicari dan diperhatikan dengan teliti, misalkan apakah debu, udara dingin, sarung bantal, bulu boneka, dll. Faktor-faktor pemicu ini kemudian harus berusaha dihindari.

Apa yang Anda lakukan terhadap anak Anda untuk membuang ingusnya sudah cukup baik.

Karena sudah berlangsung cukup lama, kami sarankan Anda membawa anak Anda ke dokter spesialis anak untuk pemeriksaan yang diperlukan untuk segera mendapatkan penanganan yang optimal. Jika kecurigaan alergi kuat, maka dokter akan menyarankan pemeriksaan uji cukit kulit (prick test) untuk mengetahui bahan-bahan apa saja yang menyebabkan alergi pada anak Anda dan juga pemeriksaan darah. Kami sarankan sebaiknya kondisi anak Ibu segera diatasi supaya tidak mempengaruhi kualitas hidup anak Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (SH)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar