Sukses

Pemeriksaan HSG

19 Oct 2014, 02:44 WIB
Wanita, 23 tahun.
salam kenal dok, aku baru gabung di klik dokter nih, semoga kecemasan aku bisa terjawab yah dok. begini dok, aku br 3 bln menikah dan ingin sekali cepat punya anak.2 minggu lalu,aku konsultasi ke dokter kandungan untuk cek keadaan rahim aku (sehat atau tidak). test awal adalah USG, alhamdulillah menurut dokternya sel telurku sehat dan tdk ada masalah.lalu aku disaran untuk HSG tp bulan dpn karena saat itu aku sudah melewati masa 9-11 hari setelah haid.gunanya HSG kan untuk melihat saluran kandungan yah dok. yang ingin aku tanyakan adalah adakah cara lain untuk melihat saluran kandungan selain HSG dok?karena menurut pengetahuan saya, HSG sangat sakit dan sebagian besar mengalami pendarahan. mohon solusi dari pertanyaan saya yah dok. Jawaban dokter sangat saya harpkan. Terima kasih salam
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Pemeriksaan histerosalpingografi (HSG) merupakan salah satu pemeriksaan yang dilakukan untuk melihat struktur rahim dan saluran telur. Pemeriksaan ini dilakukan dengan menyemprotkan cairan yang mengandung zat kontras ke dalam rongga rahim melalui vagina, kemudian dilakukan foto rontgen untuk melihat apakah zat tersebut masuk hingga saluran telur atau tidak (ada sumbatan/tidak dan letaknya). Jadi, pemeriksaan ini memang yang baik untuk melihat saluran kandungan. 

Beberapa efek samping HSG yang mungkin terjadi adalah keram, perdarahan vagina, atau pusing dan pingsan. Untuk mengatasinya, dapat diberikan antibiotik sebelum prosedur dilakukan untuk mencegah infeksi dan Anda juga disarankan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri yang akan mengurangi keram yang mungkin terjadi.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar