Sukses

Nyeri Dada Kanan

01 Jul 2013, 14:26 WIB
Pria, 52 tahun.
Dok saya punya teman, sakit nyeri di dada kanan bagian dalam tembus sampai ke belakang terasa sakit,tangan sebelah kanan keram,sakit apayg di derita dok,dan penyembuhannya bagaimana . Terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Untuk dapat mengetahui kemungkinan penyebab nyeri dada tersebut kami membutuhkan beberapa data tambahan seperti:

  • Sejak kapan keluhan nyeri dada kanan ini terjadi?
  • Apakah ada riwayat trauma/jatuh sebelumnya?
  • Apakah rajin berolahraga? Apakah apabila berolahraga anda melakukan pemanasan terlebih dahulu?
  • Dimanakah lokasi tepatnya nyeri dada tersebut? apakah di atas, dada bawah, agak ke tengah, atau dimana?
  • Apakah nyerinya berhubungan dengan makanan?
  • Apakah anda memiliki riwayat sakit maag sebelumnya?
  • Apakah ada riwayat penyakit paru sebelumnya?
  • Apakah ada keluhan lain terkait nyeri dada ini (sesak, batuk, dll)?

Nyeri dada kanan memang tidak khas untuk penyakit jantung karena pada umumnya penyakit jantung ditandai dengan nyeri dada sebelah kiri. Kemungkinan penyebabnya akan tergantung dari organ mana di dada kanan yang mengalami gangguan, dapat kulit (herper zoster), cedera / kram otot, patah tulang iga, nyeri akibat regurgitasi asam lambung (maag), gangguan lambung, dan gangguan paru. 

Nyeri yang dialami dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab, dari otot atau tulang, jantung, paru-paru, saluran pencernaan, atau dapat pula karena masalah psikologis.

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan anti nyeri seperti parasetamol atau obat antiinflamasi lain.

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Dapat juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.

Kami menyarankan agar teman Anda memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar