Sukses

Anak Menggigiti Jari

26 Jun 2013, 21:10 WIB
Wanita, 28 tahun.
Dok, saya mau nanya dikit ni mengenai kebiasaan anak saya" anak saya sekarang usianya 1 tahun 5 bulan udah hampir 1 bln ini dy koq hobinya gigiti jari jempolnya sampe luka gitu dok" tapi yang aneh dy gak kesakitan. tapi saya takut lama2 ntar jarinya bisa putus pula. saya udah coba kasih yang pahit2 ke jarinya tapi di usapkan ke bajunya dok. tolong bantu saya ya dok saya takut jarinya ntr knpa2 pula. makasih banyak ya dok
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Ibu. Memang, hingga usia 18 bulan, anak-anak sedang berada dalam fase oral. Fase oral merupakan masa di mana anak akan memasukkan segala sesuatu ke dalam mulut. Fase ini penting dilalui agar refleks muntah anak semakin menurun dan pada akhirnya dapat menelan makanan sendiri tanpa "melepeh" makanan.

Namun, jika sampai anak menggigitii jarinya sendiri sampai berdarah, Ibu perlu mewaspadainya. Berikan teguran yang cukup atau konsekuensi tertentu sehingga anak menyadari bahwa hal tersebut tidak boleh ia lakukan. Misalkan tidak memberikan mainan kesukaannya jika ia menggigiti jarinya, menegurnya jika ia menggiti jarinya, dll. Selain itu, Ibu dapat memberi pelindung tangan/sarung tangan pada tangan anak Ibu agar terlindung. Usahakan pelindung tangan tidak mudah dilepaskan oleh anak.

Setelah usia 18 bulan, fase oral biasanya akan selesai dan anak tidak lagi memasukkan tangan ataupun benda ke dalam mulut. Salam kami untuk buah hati Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar