Sukses

Kejang pada anak?

24 Jun 2013, 20:21 WIB
Wanita, 25 tahun.
dokter,bayi saya baru berumur 1 bulan.sudah dua hari bayi saya itu bersin sampai keluar ingusnya.hampir 3 hari belum buang air besar juga.padahal bayi saya seperti mengedan.kemarin itu tangan dan kakinya waktu bayi saya tidur getar-getar sendiri.dan sering sekali getar-getarnya,mirip kejang,tp bayi saya tidak demam.apa yang sebenarnya terjadi dok?apa yang harus saya lakukan?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Pertama-tama kami perlu menanyakan beberapa pertanyaan: Sudah berapa lama anak Anda mengalami keluhan seperti ini? Apakah sewaktu tangan dan kakinya bergetar anak Anda tidak merespon (misalnya jika diajak bercanda atau mengobrol)? Pengobatan apa saja yang sudah diberikan kepada anak Anda? Bagaimana dengan kondisi matanya? Apakah mata anak melirik ke atas sewaktu berlangsung kondisi yang Anda sebut sebagai 'kejang' tersebut?

Kejang pada anak bermacam penyebabnya, di antaranya adalah demam, epilepsi, trauma pada otak, pengobatan tertentu, kelainan metabolik, dsb. Bila kejang terjadi pada saat anak mengalami panas tinggi maka disebut dengan kejang demam. Yang perlu diketahui adalah ketika anak Anda mengalami kejang, apakah kejang terjadi hanya di beberapa bagian tubuh atau kah seluruh tubuh? Berapa lama kejang berlangsung? Setelah kejang apakah anak Anda tersadar atau tidur? Apakah pernah mengalami kejang bila tidak demam? 

Bila kejang terjadi ketika demam, dan berdasarkan informasi yang Anda sampaikan bahwa anak Anda mengalami kejang berulang dalam 24 jam maka kemungkinan besar yang dialami anak Anda adalah kejang demam kompleks. Kejang demam kompleks merupakan salah satu faktor risiko terjadinya epilepsi. Bagaimana dengan riwayat keluarga Anda, adakah riwayat epilepsi dalam keluarga?

Untuk memastikan diagnosis epilepsi perlu dilakukan pemeriksaan EEG untuk menilai apakah terdapat fokus epilepsi pada anak Anda. Pemeriksaan EEG tersebut perlu dilakukan ketika anak Anda sedang tidak mengalami demam.

Untuk saat ini bila anak Anda mengalami kejang ketika demam maka Anda perlu mewaspadai kemungkinan terjadinya kejang pada anak Anda. Kami sertakan artikel mengenai Kejang Demam dan Kejang Pada Anaksebagai informasi lengkap bagi Anda.

Kami juga menganjurkan agar Anda memeriksakan anak Anda ke dokter spesialis anak sesegera mungkin untuk mendapatkan penanganan dan evaluasi lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar