Sukses

Masa Subur & Haid Tak Teratur

16 Oct 2014, 13:40 WIB
Wanita, 24 tahun.
siank dok..dok gmana saya bisa menentuakan masa subur saya,soalya haid saya tidak teratur,saya sering telat haid bisa seminggu,sepuluh hari bahkan sebulan,apa penyebab saya sering telat haid,dan ini tgl saya haid dr bln januri sampai juni:januari haid tgl 2,feb telat 1 bulan,maret tgl 2,mei tgl 2,mei tgl 10,dan juni tgl 20.dan apa yang harus saya lakukan??
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

 

Siklus haid normal berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Siklus haid dihitung dari hari pertama haid hingga hari pertama haid pada bulan berikutnya. Jika ternyata diluar dari siklus haid normal, maka dapat dikatakan tidak teratur. Dilihat dari siklus haid Anda, maka haid Anda tergolong tidak teratur. Dengan siklus yang tidak teratur maka akan sulit bagi Anda untuk menentukan periode masa subur.

Siklus haid tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

- pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
- pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
- stress psikologis
- atlet
- kekurangan vitamin K
- penggunaan obat-obatan tertentu
- kelainan pembekuan darah
- gangguan hormon tiroid, dsb

Oleh karena itu sebaiknya dilakukan pemeriksaan hormon basal (dari darah) yang dilakukan pada hari ke 3-5 dari siklus haid untuk mengetahui kelainan hormonalnya supaya dapat dilakukan pengobatan yang tepat. Jika siklus haid tidak teratur (siklus anovulasi/tidak ada telur yang tumbuh) dan disertai keluhan seperti nyeri saat haid maka sangat perlu dicari penyebabnya untuk ditangani.

Kami sarankan Ibu/Saudari memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan-pemeriksaan yang diperlukan. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga membantu. [SH]

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar