Sukses

Cegah Rabun Jauh

25 Jun 2013, 08:38 WIB
Wanita, 24 tahun.
selamat siang Dok, saya menggalami rabun jauh (miopi) dan setiap tahun minus saya sealalu bertambah. apakah ada cara pencegahan dan pengobatan selain lasik mata? apakah lasik efektif dan ridak ada efek sampingnya? terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Mata minus merupakan keadaan yang disebut miopia. Miopia disebut rabun jauh karena berkurangnya kemampuan melihat jauh tapi dapat melihat dekat dengan lebih baik. Miopia terjadi jika kornea (terlalu cembung) dan lensa (kecembungan kuat) berkekuatan lebih atau bola mata terlalu panjang sehingga titik fokus sinar yang dibiaskan akan terletak di depan retina. Pada dasarnya, progresivitas rabun jauh akan menjadi stabil mulai usia 20 tahun, artinya minus tidak akan bertambah, atau kalaupun bertambah hanya sedikit.

Koreksi mata miopia dengan memakai lensa minus/negatif ukuran teringan yang sesuai untuk mengurangi kekuatan daya pembiasan di dalam mata. Biasanya pengobatan dilakukan dengan penggunaan kaca mata atau lensa kontak agar mata dapat melihat dengan lebih jelas dan tidak mudah lelah (hanya bertujuan untuk mengoreksi, bukan untuk menyembuhkan mata minus)

Adapun penambahan minus dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat bagi mata, seperti mengatur jarak baca 40 - 45 cm dengan cahaya yang cukup, mengistirahatkan mata setiap kali melakukan kegiatan membaca buku atau menggunakan komputer, serta makan makanan yang banyak mengandung vitamin A.

Pembedahan LASIK memang merupakan cara yang efektif untuk memperbaikin kelainan refraksi seperti miopia atau rabun jauh. Namun, biayanya saat ini masih mahal. Pada 24 - 48 jam pertama pasca operasi, mata memang terasa tidak nyaman. Efek samping lain jarang ditemukan, meliputi: mata kering, kesulitan menyetir pada malam hari, melihat gambaran lingkaran cahaya atau halo, serta melihat berkas cahaya terang. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar