Sukses

Obat-obat Diabetes

19 Oct 2014, 05:27 WIB
Pria, 65 tahun.
Dok, saya mau menayakan soal penyakit diabetes yang diderita oleh ayah saya, hasil pemeriksaan terakhir menunjukkan glukosa puasa beliau sebesar 107 mg/dl dan glukosa 2 JPP 173 mg/dl, beberapa hari ini beliau suka mendadak lapar terutama pada jam 10 pagi, jam 4 sore dan menjelang tidur, padahal sebelumnya beliau sudah bisa makan teratur pada jadwal yang telah ditentukan oleh dokter, apakah ini karena glukosa darahnya mulai naik lg dok?obat yg diberikan dokter yaitu glimepiride 1 mg pada pagi hari sebelum makan dan metformin 500 mg pada malam hari setelah makan, kira-kira apa lagi yang harus kami lakukan dok?mohon penjelasannya, terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Salam sehat untuk ayahanda. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ada beberapa hal yang perlu kami konfirmasi. Sudah berapa lama ayah Anda menderita Diabetes?

Pada penderita yang telah mengalami diabetes dalam jangka waktu lama dan dalam pengobatan, kontrol gula sangat diperlukan. Kenaikan atau penurunan gula darah paling akurat jika dipantau dengan pemeriksaan darah. Gejala lapar tiba-tiba pada penderita diabetes dalam pengobatan cenderung menandakan kondisi gula darah sedang turun. Untuk itu memang pada penderita diabetes sebaiknya menjalankan pola makan “small frequent feeding” yaitu makan sedikit-sedikit tapi rutin (agak sering).

Selain itu perlu juga untuk memeriksakan kadar HbA1C untuk mengetahui kontrol gula dalam tubuh dan kecenderungan komplikasi.

Selama ayah Anda rutin kontrol ke dokter maka Anda tidak perlu terlaluu kuatir. Obat-obat yang diberikan dokter pun sudah baik. Selain pemeriksaan rutin diabetes, dokter akan melakukan pemeriksaan komplikasi secara berkala untuk mengetahui fungsi penglihatan, ginjal, saraf Anda. Pastikan Anda memberitahukan dokter Anda, segala keluhan baru yang dialami oleh ayah Anda.

Sebagai panduan informasi lengkap Anda, Anda dapat mengunjungi Rubrik Diabetes yang kami miliki.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar