Sukses

Hipospadia

19 Jun 2013, 15:26 WIB
Pria, 19 tahun.
perkenalkan saya nicho yang saat ini bertempat tinggal di sekitar medan sumatra utara . saya ingin bertanya dok . saya mengalami Hipospadia (kelainan pada bentuk kelamin ) saya baru mencari kelainan pada kelamin saya , barusan saja . sementara usia saya sudah 19 tahun , adakah kemungkinan saya untuk sembuh seperti anak laki-laki lain nya dok . trimakasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Apakah yang Anda maksud dengan kelainan bentuk kelamin? Apakah Anda sudah pernah berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik sebelumnya dan telah didiagnosis hipospadia? Karena perlu diketahui bahwa bentuk penis pada hipospadia biasanya normal, hanya saja muara lubang kencing nya tidak normal. 

Hipospadia adalah suatu kelainan bawaan dimana meatus uretra eksternus (lubang kencing) terletak di bagian bawah dari penis dan letaknya lebih kearah pangkal penis dibandingkan normal. Hipospadia biasanya disertai bentuk abnormal penis yang disebabkan adanya chordee dan adanya kulit di bagian punggung penis yang relatif berlebih dan bagian bawah yang kurang. Penentuan tipe hipospadianya lebih baik dilakukan dengan pemeriksaan fisik. Penanganannya adalah dengan dioperasi.

Tujuan operasi pada hipospadia adalah agar pasien dapat berkemih dengan normal, bentuk penis normal, dan memungkinkan fungsi seksual yang normal. Hasil pembedahan yang diharapkan adalah penis yang lurus, simetris, dan memiliki meatus uretra eksternus pada tempat yang seharusnya, yaitu di ujung penis. Ada banyak variasi teknik, yang populer adalah tunneling Sidiq-Chaula yang memang dilaksanakan dalam 2 tahap. Untuk teknik lainnya, perlu didiskusikan dengan dokter bedah bersangkutan, karena sangat bergantung pada hasil pemeriksaan fisik Anda.

Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter bedah plastik di rumah sakit besar atau rumah sakit rujukan. Kasus hipospadia ditangani oleh ahli bedah plastik. Untuk informasi lengkap, kami sertakan artikel berjudul:
Hipospadia

 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

 

 

Salam

 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar