Sukses

Sakit karena Gigi Bungsu Tumbuh

19 Oct 2014, 18:07 WIB
Wanita, 19 tahun.
Siang dokter, saya mau tanya.. Saat ini gigi geraham sebelah kanan saya sedang tumbuh sampai gusi saya bengkak kurang lebih 1 minggu. Apa itu hal normal? Efek dari gusi yg bengkak itu, telinga saya sakit & menelan makanan pun sakit.. Apa ada cara lain yg bisa dilakukan selain saya hrs ke dokter gigi? Mohon penjelasannya ya dokter..
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Sdr/Sdri yang terhormat, 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Dari penjelasan Anda, saya berasumsi bahwa gigi geraham yang Anda maksud adalah gigi geraham bungsu (gigi molar tiga) yang terletak di ujung rahang. Gigi tersebut tumbuh paling akhir, yaitu sekitar usia 18 tahun keatas dimana gigi yang lain sudah tumbuh. Oleh karena itu amat sering dijumpai kondisi dimana gigi molar tiga kekurangan ruangan, tumbuh miring, atau bahkan tidak tumbuh sama sekali (disebut gigi impaksi). Bila gigi molar tiga tumbuh miring, ada kemungkinan menekan gigi sebelahnya atau mungkin menekan syaraf sehingga sering menimbulkan rasa sakit. Kemungkinan lainnya, rasa sakit disebabkan karena mahkota gigi tersebut sebagian masih tertutup gusi, sehingga sisa makanan menumpuk sulit dibersihkan dan menyebabkan gusi menjadi radang bahkan infeksi. Hal inilah yang mungkin sedang terjadi pada Anda.

Untuk meredakan peradangan gusi, Anda dapat mencoba berkumur dengan air garam hangat namun hal ini tidak dapat mengurangi rasa sakit secara bermakna. Idealnya, Anda tetap harus berkonsultasi langsung ke dokter gigi yang akan meresepkan obat penghilang rasa sakit, anti radang, dan antibiotik. Selain itu besar kemungkinan perlu dilakukan pemeriksaan foto rontgen untuk mengetahui posisi gigi tersebut. Sebagian besar kasus gigi impaksi, gigi bersangkutan perlu dicabut, jika tidak, keluhan dapat timbul kembali. 

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda. Jika masih ada yang ingin Anda tanyakan silakan layangkan kembali pertanyaan Anda ke redaksi kami.

Drg. Martha Mozartha, M.Si
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar