Sukses

Sindrom Terowongan Karpal Busui

19 Jun 2013, 08:02 WIB
Wanita, 25 tahun.
malem dokter,saya mau bertanya,kenapa pergelangan tangan saya jika membawa beban agak berat,naik sepeda motor langsung sering kram ( kesemutan )lama lama tidak dapat merasakan apa apa tangan jadi lemas,tapi setelah di diyamkan sejenak tngan kmbali normal,apakah itu berbahaya tau hal yang wajar karna sebelumnya tidak pernah sma sekali,itu terjadi setelah kelahiran anak kami yang pertama,trimakasih sebelumnya mohon penjelasanya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Apakah kegiatan sehari-hari Anda? Apakah pekerjaan yang Anda lakukan memerlukan gerakan repetitif tangan? Berdasarkan keterangan gejala yang Anda berikan kemungkinan yang Ibu alami adalah Sindrom Terowongan Karpal. Biasanya, sindrom ini berhubungan dengan kegiatan yang melibatkan gerakan repetitif pergelangan tangan dalam waktu yang lama. Namun, keadaan ini juga sering ditemukan pada perempuan yang sedang hamil atau setelah melahirkan anak karena adanya penumpukan (retensi) cairan, inflamasi saraf tangan. Keadaan ini juga dapat ditemukan pada ibu yang memberikan ASI karena gerakan repetitif tangan saat menyusui. Gejala ini umumnya hilang sendiri dalam beberapa bulan.

Terowongan karpal merupakan terowongan tulang yang terbentuk dari tulang-tulang pergelangan dari tiga sisi serta jaringan ikat yang berjalan melintasi pergelangan tersebut. Pembengkakan dan retensi (tertahannya) cairan yang umum ditemui pada saat hamil dapat meningkatkan tekanan pada rongga yang kecil ini, sehingga menekan saraf medianus yang berjalan di dalamnya. Saraf medianus mempersarafi jempol, jari telunjuk, tengah, dan setengah dari jari manis. Karena itu, penekanan saraf tersebut menimbulkan gejala seperti kesemutan dan nyeri, terutama pada keempat jari tersebut, dan dapat menjalar ke atas.

Cara mengatasi rasa kesemutan dan nyeri yang ada adalah dengan menghindari aktivitas-aktivitas yang membutuhkan gerakan pergelangan tangan yang repetitif dan membutuhkan tenaga. Gerakan-gerakan tersebut dapat membuat gejala memberat. Jika keluhan terutama dirasakan saat malam hari, ubah posisi tidur dan coba taruh lengan di atas satu atau dua bantal. Jangan tidur menimpa tangan. Jika terasa nyeri sewaktu bangun, goyang-goyangkanlah tangan. Jika setelah melakukan cara-cara di atas gejala tidak berkurang, konsultasilah dengan dokter Ibu.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar