Sukses

Tenggorokan Berlendir

19 Jun 2013, 15:22 WIB
Wanita, 14 tahun.
Salam hormat, Saya ingin berkonsultasi. Beberapa hari ini, terkadang tengorokan saya berlendir apalagi setelah memakan makanan sejenis coklat & biasanya muncul ketika menjelang malam, saya jarang keluar rumah sehingga jarang menghirup asap rokok kecuali ada warga yang merokok dalam perjalanan sehabis bersekolah, saya tidak batuk, terkadang saya lemas tiba-tiba, Saya ingin bertanya, bagaimana cara menghilangkan lendir tersebut karena itu membuat saya tidak nyaman, mohon maaf saya menulis panjang lebar dan maaf jika informasi kurang lengkap, Terimakasih Banyak
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Lendir yang Anda rasakan, apakah mengalir di belakang tenggorokan, terasa berasal dari hidung? Mungkin saja Anda mengalami semacam alergi yang dapat menyebabkan post nasal drip (aliran cairan/ingus dari hidung ke tenggorokan/PND). PND biasanya terjadi pada penderita alergi. Ingus dari rongga hidung bagian belakang mengalir ke arah tenggorokan sehingga penderita sering merasakan ada aliran dari arah belakang tenggorokan dan dapat menyebabkan batuk atau rasa napas tidak lega. Makanan yang mengandung produk susu dapat mengentalkan lendir sehingga lebih terasa.

Apakah Anda penderita alergi? Apakah Anda sering mengalami bersin-bersin di pagi hari? Hidung mudah terasa gatal sekali bila terkena debu? Mata sering gatal? Apakah Anda penderita asma? Apakah ada alergi makanan? Semuanya di atas dapat menjadi tanda seseorang memiliki alergi. Sebelum mengobati, tentunya diperlukan diagnosis yang tepat dari keluhan Anda. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT. 

Sementara itu, beberapa hal yang dapat Anda lakukan antara lain: minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya, minum air hangat yang dicampur dengan madu atau lemon, berkumur-kumur dengan air garam secara teratur, dll. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar