Sukses

Penurunan Fungsi Penciuman

18 Oct 2014, 12:43 WIB
Pria, 43 tahun.
Dokter, penciuman saya kurang berfungsi, hanya jika ada aroma yg sangat keras sj dpt tercium, apakah saya terkena sinusitis? tahun 2005 lalu saya pernah dirongent, Dokternya bilang, ada sinusitis, dikedua sisi hidung saya, apakaha benar ada kaitannnya kurangnya fungsi penciuman dengan sinusitis? jika benar sinusitis, therapy non obat dan non operasi apa yg dapat saya lukukan?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Berkurangnya kemampuan untuk mencium dan mendeteksi bau disebut juga hiposmia. Beberapa penyebab yang mungkin berhubungan adalah alergi infeksi virus, massa dalam rongga hidung (polip hidung), serta kerusakan pada saraf. Apakah Anda memiliki riwayat alergi pada diri sendiri dan keluarga? Sering bersin-bersin dan mengalami hidung "meler"? 

Alergi juga dapat menyebabkan terbentuknya massa dalam rongga hidung yang disebut dengan polip hidung. Adanya polip hidung menyebabkan terjadinya sumbatan pada rongga hidung. Keadaan ini kemudian dapat mengganggu indera penciuman dan indera perasa hingga menyebabkan keluhan seperti yang Anda rasakan.

Untuk mengetahui secara pasti kondisi organ pembauan Anda, disarankan untuk melakukan konsultasi langsung ke dokter spesialis THT. Akan dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung, terutama untuk rongga hidung dan sekitarnya. Terapi akan diberikan sesuai dengan penyebab dari keluhan serta hasil pemeriksaan fisik/penunjang yang dilakukan. Semikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar