Sukses

Maag & H. Pylori

20 Oct 2014, 02:08 WIB
Wanita, 21 tahun.
Dok, saya punnya Maag sudah lama hampir 1 tahun lebih. Terakhir saya ceck ke dokter spesialis dalam, dan sudah tes Darah, hasilnya sbb : Hemoglobin 13,1 g/dl Eritrosit 4.5 jt/mm Hematokrit 42 % MCV 93 fl MCH 29,4 pg MCHC 31,6 % Leukosit 5800/mm Basofil 1% Eosinofil 2% Batang 0% Segmen 54% Limfosit 31% Monosit 12% LED 17 mm Trombosit 246000 SGOT 16 U/L SGPT 9U/L Bukankah ini masih normal Dok? Apa saya masih perlu test Img Helicobacter Dok? Terima kasih Dok.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Apa saja keluhan yang Anda alami? Pengobatan apa saja yang sudah Anda dapatkan? Bagaimana pola makan Anda? Apakah Anda merokok atau mengonsumsi alkohol? 

Maag dalam bahasa medis dikenal dengan nama gastritis. Kemungkinan gastritis yang anda alami sudah berlangsung cukup lama atau disebut kronik. Gastritis ini memiliki beberapa penyebab diantaranya adalah infeksi bakteri H.pylori dan iritasi karena sebab lain. Apabila gastritis anda disebabkan oleh infeksi bakteri, maka pengobatan antibiotik harus diberikan sampai tuntas dan diikuti dengan follow-up untuk memastikan bakteri tersebut sudah mati.

Selain minum obat, anda juga harus menjaga pola makan anda agar gastritis ini tidak sering kambuh. Anda harus menghindari makanan yang pedas, makanan asam, kopi, kola, merokok, dan ubahlah gaya hidup anda menjadi lebih sehat. Hindari stres dan bergadang karena dapat meningkatkan produksi asam lambung.

 

Anda juga sebaiknya kontrol teratur ke dokter anda dan apabila perlu melakukan pemeriksaan endoskopi (atas saran dokter) yaitu memasukkan selang ke dalam mulut untuk melihat apakah ada perlukaan di lambung.

Terkait dengan hasil laboratorium Anda, masih dalam batas normal. Namun Anda perlu memeriksakan lebih lanjut dengan dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterohepatologi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar