Sukses

DHA

19 Oct 2014, 01:56 WIB
Wanita, 38 tahun.
ada yang menyarankan kepada saya agar anak saya diberikan DHA, apakah benar2 bisa berpengaruh terhadap kecerdasan anak? terimakasih atas jawabannya
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

DHA atau docosahexaenoic acid merupakan asam lemak omega 3 dan merupakan komponen struktur primer pada otak, kulit, sperma, testis dan retina. DHA sendiri dapat disintesi dari asam alfa linoleat yang berasal dari ASI atau minyak ikan. Minyak ikan yang berasal dari ikan laut dalam kaya akan DHA. ASI dapat mengandung DHA yang tinggi jika sewaktu hamil ibu sering mengonsumsi ikan.

Pada suatu studi disebutkan bahwa kadar DHA yang rendah dapat mengakibatkan perkembangan retina yang buruk, ketajaman visual yang rendah dan gangguan perkembangan kognitif. Sayang sekali Anda tidak menyebutkan usia anak Anda. Apakah anak Anda masih mengonsumsi ASI?

Jika Anda masih menyusui, maka Anda dianjurkan untuk mengonsumsi DHA 300 mg/hari. DHA sendiri juga terdapat pada beberapa kandungan susu formula. Anak yang mendapatkan asupan DHA yang cukup, ketika diteliti tingkat intelegensinya dengan Mental Development Index (MDI) yang mengukur memori anak, kemampuan menangani problem sederhana dan kemampuan berbahasa.


Namun tak cukup hanya DHA saja, GA dan AA juga diperlukan untuk meningkatkan kecerdasan anak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO).


Salam

 

Tim Redaksi Klik Dokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar