Sukses

Alat pengukur Tekanan darah

20 Oct 2014, 10:58 WIB
Pria, 42 tahun.
Selamat sore dok, Apakah benar alat tensi digital tidak akurat? Saya punya riwayat Darah tinggi, dan membeli alat tensi darah digital merk Omron. Setiap saya cek tensi saya selalu normal, sekitar 115/75. Kemarin saya cek tensi memakai yang air raksa hasilnya berbeda, tensi saya 130/80. Apakah Dokter punya referensi alat tensi yang bagus? Terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima Kasih atas pertanyaan anda. 

Memang paling akurat untuk mengukur tekanan darah adalah dengan air raksa, namun belum tentu dengan alat digital selalu salah. 

Mengukur tekanan darah itu bukan hal yang mudah bu, bila manset (kain) diletakkan terlalu tinggi atau rendah dari arteri (pembuluh darah) di daerah siku, itupun dapat merubah pengukuruan tekanan darah. Tekanan darah pun dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti kondisi pasien sendiri apakah sedang capek atau sehabis olahraga, jalan jauh, juga suka berubah. Yang paling baik adalah disaat pasien tenang, dan diukur 2 kali. 

Karena ibu ada hipertensi, coba untuk kontrol ke dokter paling tidak sebulan atau 2 bulan sekali, sekaligus utk memeriksa tekanan darah, namun bila di rumah ibu ingin memeriksa sendiri dengan alat digital itu tidak apa-apa, walaupun mungkin ada perbedaan namun pasti tidak terlalu besar perbedaannya. 

Demikian jawaban yang kami dapat berikan, semoga bermanfaat (EA)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar