Sukses

Prolactinoma

27 May 2013, 07:31 WIB
Wanita, 28 tahun.
Selamat malam Dok,,, Saya penderita Prolaktinoma,118,7hasil testnya. Terdapat microadenoma hipofise di kepala saya. Saya Mei2012 pernah Oprasi Kista Ovarium sebelah kanan,,, (jinak), Menstruasi terakhir Saya 5Mei2013,,,selama 3hari, sebelmnya saya 3bulan tidak menstruasi. Yang ingin Saya tanyakan .. 1.Apakah Saya masih bisa hamil dengan prolaktinoma? 2.Saya tidak pernah minum obat cabergolin ,, apakah tumor diotak dapat membesar? 3.Apakah mata saya bisa bertambah minusnya? 4.Apakah ada obat lain yang lebih murah untuk penyakit saya? Besar harapan Saya untuk mendapat balasan dari pertanyaan ini,Saya ucapkan banyak terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Kepada Yth Sdri/Ibu terhormat, 

Terima Kasih atas pertanyaan anda. 

1. Pada beberapa kasus, pasien dengan prlactinoma tetap dapat hamil, namun harus sangat berhati-hati sebab selama kehamilan, hormon-hormon yang dihasilkan dapat memperbesar tumor yang dapat menimbulkan gejala-gejala neurologis yang sangat menggangu. Pada beberapa kasus, ada yang tidak diberikan obat  selama kehamilan ada juga beberapa pasien dengan prolactinoma tetap diberikan obat-obat golongan dopamine agonis sebelum dan selama kehamilan agar dicegah supaya tumor tidak membesar. 

2. Pembesaran tumor tidak dapat diprediksi, namun ibu harus selalu waspada bila timbul gejala-gejala yang tidak biasa seperti haid yang tidak muncul-muncul, keluarmya air susu dari puting susu yang banyak, mual, muntah, nyeri kepala, gangguan penglihatan yang semakin buruk, bila munucl gejala-gejala harap segera memeriksakan diri. 

3. Tumor ini tidak menimbulkan mata minus seperti pada umumnya. Tumor ini menyebabkan penekanan pada jalur penglihatan yang menyebabkan gangguan lapangan pandang ibu, dimana permiksaan lapangan pandang bukan seperti pemeriksaan mata minus atau silindris pada umumnya, dan hanya dapat dilakukan di dokter specialis mata. 

4. Untuk obat ibu dapat mengkonsultasikan ke dokter specilais kebidanan dan kendungan ibu.

Demikian jawaban yang kami dapat berikan, semoga bermanfaat (EA)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar