Sukses

Nilai Kolesterol

16 Oct 2014, 11:07 WIB
Pria, 42 tahun.
Kolesterol total 234 LDl 150 HDL 62 Trigliserida 120 VS Kolesterol total 150 LDl 105 HDL 42 Trigliserida 50 dari data tersebut manakan yang lbh sht? Karena ada informasi walaupun Kolesterol rendah, tapi kalau HDL nya rendah juga, pertanda tidak sehat. Terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berikut nilai rujukan untuk kadar kolesterol dalam darah berdasarkan Adult Treatment Panel III: 

LDL cholesterol, mg/dL
<100  Optimal
100 to 129 Near or above optimal
130 to 159) Borderline high
160 to 189  High
≥190  Very high
Total cholesterol, mg/dL 
<200  Desirable
200 to 239               Borderline high
≥240  High
HDL cholesterol, mg/dL
<40  Low
≥60  High
 
Adapted from: Adult Treatment Panel III at http://www.nhlbi.nih.gov/.

Sebelumnya kami ingin mengajukan pertanyaan, apakah hasil laboratorium tersebut merupakan hasil dari 1 orang atau 2 orang? Bila membandingkan dua orang, tentu tidak dapat dibedakan yang mana lebih sehat hanya berdasarkan hasil laboratorium saja. Perlu dipertimbangkan faktor risiko penyakit jantung lain misalnya merokok, riwayat kencing manis, hipertensi, riwayat keluarga meninggal karena sakit jantung, dan usia sekarang.

Bila mengabaikan faktor-faktor risiko tersebut di atas (menganggap kedua individu tersebut memiliki faktor risiko yang sama), maka berdasarkan hasil laboratorium yang Anda ajukan, kondisi kedua relatif lebih baik daripada kondisi yang pertama. Hal ini disebabkan karena pada kondisi pertama nilai absolut kolesterol total LDL termasuk batas tinggi (boderline high) meskipun HDL juga tinggi. Pada kondisi pertama, hasil laboratorium masih mendekati normal.

Beberapa kepustakaan menilai profil lipid dengan menghitung rasio kolesterol total/HDL. Target rasio kolesterol total/HDL normal adalah 5 : 1; sedangkan yang optimal adalah 3,5 : 1.

  • Pada kondisi pertama rasionya adalah 234/62 = 3,77
  • Pada kondisi kedua rasionya adalah 150/42 = 3,57

Dengan membandingkan rasio kedua kondisi tersebut, yang lebih rendah adalah kondisi kedua, sehingga kondisi kedua lebih baik.

Untuk memulai terapi dan kontrol hasil terapi, lebih baik menggunakan nilai absolut daripada menggunakan rasio kolesterol.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar