Sukses

Kepala Ikan untuk Ibu Hamil

16 Oct 2014, 09:50 WIB
Wanita, 26 tahun.
saya mau tanya apakah benar ibu hamil dilarang untuk mengkonsumsi kepala ikan?sebenarnya posisi tidur yang baik untuk ibu hamil itu miring kir&kanan atau telentang?trims
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang Terhormat.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Wanita hamil harus mengonsumsi makanan bergizi lengkap (karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral) dengan banyak variasi. Kepala ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik. Selama tidak mentah, maka tidak masalah jika dikonsumsi Ibu hamil.

 

Ibu hamil sebenarnya dapat tidur dan beristirahat dengan berbagai posisi yang dirasa nyaman. Dan sampai saat ini belum ada penelitian lebih lanjut mengenai posisi tidur yang terbaik untuk ibu hamil. Namun posisi tidur ibu yang miring ke kiri dipercaya dapat memberikan keuntungan bagi bayi untuk mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke plasenta karena adanya pembuluh darah balik besar (vena cava inferior) di bagian belakang sebelah kanan tulang belakang. Pembuluh darah ini bermanfaat mengembalikan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung, juga membantu ginjal membuang sisa metabolisme ibu sehingga dapat mengurangi pembengkakan pada kaki dan tangan ibu hamil.

Selain Anda merasa nyaman, dengan posisi tidur miring ke kiri, janin dalam kandungan Anda juga akan mendapatkan nutrisinya secara maksimal. Namun memang sebaiknya Anda selingi dengan posisi tidur miring ke kanan untuk menghindari gangguan otot. Sebagai tambahan, Anda dapat meletakkan bantal di punggung dan di antara lutut agar Anda merasa lebih nyaman.

Untuk panduan lengkap informasi Anda selama kehamilan, Anda dapat mengunjungi Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar