Sukses

Rambut Ketiak

20 Oct 2014, 02:14 WIB
Wanita, 18 tahun.
dok. kedua ketiak saya belum tumbuh, apakah ini ada hubungannya dengan gen dari orangtua saya? lalu, saya perhatikan, aroma ketiak teman-teman sekolah saya hampir semuanya beraroma tidak sedap setiap hari, seperti contoh, hari ini senin, tapi mereka yang tidak banyak melakukan aktivitas seperti olahraga pun dalam hitungan menit tubuh mereka sudah mengeluarkan aroma yang tidak sedap. saya di sekolah tidak banyak melakukan aktivitas, walaupun ketika saya olahraga dan berkeringat, tubuh saya maupun ketiak saya tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap. saya menggunakan deodorant. yang membuat saya bingung, kenapa bulu ketiak saya belum tumbuh, dan kenapa hanya ketiak kanan saya ( jarang terjadi) yang mengeluarkan aroma seperti lidah buaya? ketiak kiri saya tidak mengeluarkan aroma sama sekali dok.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Bagaimana dengan orang tua Anda? Apakah mereka memiliki rambut ketiak? Pertumbuhan rambut ketiak memang dipengaruhi oleh faktor genetik dan hormon sehingga biasanya mulai muncul pada saat pubertas. 

Sedangkan bau badan sebenarnya timbul karena bertambahnya jumlah bakteri di permukaan kulit yang mengubah hasil pembuangan tubuh lewat keringat dan minyak menjadi bau tertentu. Dengan bertambahnya keringat maka jumlah bakteri yang menyebabkan bau badan juga bertambah. Bau badan seseorang dipengaruhi oleh berbagai faktor di antaranya adalah diet, jenis kelamin, kesehatan, genetik, ras, stres lingkungan dan obat-obatan. Bau badan sendiri dapat berasal dari seluruh tubuh atau dari beberapa bagian spesifik tubuh seperti kaki atau ketiak.

 

 

Jika kedua orang tua memiliki rambut ketiak yang jarang atau atau tidak tumbuh dan juga tidak memiliki bau badan maka kecenderungan anaknya memang tidak memiliki bau badan dan juga memiliki rambut ketiak yang jarang atau tidak tumbuh. Anda tidak perlu terlalu mengkuatirkan hal ini.  Tidak tumbuhnya rambut ketiak tidak akan mengganggu kesehatan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar