Sukses

Lidah mati rasa

20 Oct 2014, 10:50 WIB
Pria, 49 tahun.
dok saya mengalami kesulitan menerima makanan panas dan terutama pedas. Lidah saya sepertinya tak bisa lagi merasakan pedas walaupun hanya pedas merica, hal ini menjadi kendala saya karena tak lagi bisa merasakan nikmatnya makan, apa yang hrs saya lakukan dok, mohon bantuan. Sy termasuk lalai dlm perawatan gigi, hingga beberapa gigi sdh tanggal dan sy memakai gigi tiruan untuk menutupi rasa ga pede sy, gigi tiruan tsb sy dapatkan dari tukang gigi, bukan dokter, apakah material gigi tsb sangat berpengaruh pada kondisi lidah sy yg seakan selalu sariawan.Terima kasih dok atas bantuannya. Salam sehat.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bpk/Sdr. yang terhormat,
Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Lidah kita dapat berfungsi sebagai indera pengecapan dengan adanya ribuan tonjol-tonjol kecil yang disebut kuncup pengecap di permukaannya. Sensor rasa yang ada di lidah kita dapat membedakan rasa manis, asin, asam dan pahit.  Pedas bukanlah suatu rasa, yang terjadi sebetulnya adalah sensasi panas dan terbakar dari kuncup pengecap kita. Kemungkinan yang terjadi adalah telah terjadi kerusakan pada kuncup pengecap di lidah Anda. Ada banyak faktor penyebab di antaranya adalah bagian dari penuaan, kebersihan mulut yang buruk, pasien yang mengalami xerostomia (mulut kering), pasien yang sedang menjalani kemoterapi, atau sedang mengkonsumsi obat tertentu. Namun dari suatu laporan kasus, hilangnya kemampuan pengecapan pada lidah juga dihubungkan dengan pemakaian gigi tiruan dari akrilik, terutama jika pembuatannya tidak benar. Pada umumnya, tukang gigi menggunakan bahan resin akrilik yang berwarna merah muda menyerupai gusi, yang ditempelkan langsung pada gigi atau gusi. Dapat saya perkirakan, tukang gigi yang membuatkan gigi tiruan Anda juga menggunakan bahan tersebut. Jenis akrilik yang digunakan tukang gigi biasanya adalah resin akrilik auto-polimerisasi komponen bubuk dan cairan resin dicampur lalu akan mengeras dengan sendirinya. Bahan ini lebih besar kemungkinan memicu alergi dan rasa terbakar pada gusi atau lidah karena adanya bagian yang tidak bereaksi terutama jika proses pembuatan (rasio pencampuran antara bubuk-cairan) tidak tepat. Ada kemungkinan sariawan yang terjadi juga berhubungan dengan reaksi alergi ini, meski diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikannya. Sayangnya Anda tidak menyebutkan dimanakan persisnya posisi gigi tiruan tersebut, apakah di gigi depan/belakang, rahang atas/bawah.

Kesimpulannya, saya sarankan Anda untuk segera berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi agar dapat dipastikan apa penyebab dari gangguan pada lidah yang Anda rasakan. Dengan demikian dapat dilakukan langkah yang tepat untuk menghilangkannya. Selain itu dokter gigi Anda juga dapat memeriksa kondisi gigi tiruan yang dibuat di tukang gigi tersebut, yang dapat saya asumsikan perlu diganti dengan gigi tiruan yang dibuat dengan baik dan benar. . Kehilangan kemampuan pengecapan dapat dipulihkan, bergantung pada tingkat kerusakannya. . Apakah sensasi penciuman (hidung) Anda juga terganggu? Bila ya, Anda juga dapat berkonsultasi ke dokter spesialis THT

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda. Jika masih ada yang ingin Anda tanyakan, silakan ajukan kembali pertanyaan ke redaksi kami.
Drg. Martha Mozartha, M.Si
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar